DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kembali melahirkan seorang Doktor Pendidikan Agama Hindu dalam ujian terbuka promosi doktor, Sabtu (7/3). Kali ini adalah mantan Kepsek SMKN 1 Tampaksiring periode 2006-2009, Drs. I Nengah Kecapi, MM.

Mengangkat Disertasi berjudul “Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semangat Kerja, Supervisi, Budaya Mutu, Dengan Performance Guru Agama Hindu SMK di Kabupaten Badung”, pria kelahiran Tabanan, 5 Mei 1953 ini dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude. Suami dari Ni Made Sarini, S.Pd. ini adalah Doktor ke-76 yang promosinya di Program Pascasarjana Unhi Denpasar.

Dalam penelitian disertasinya, I Nengah Kecapi, menemukan data kuesioner yang dikumpulkan dari 56 orang guru Agama Hindu di SMK Kabupaten Badung, terlihat hanya 3 variabel eksogen yang hubungannya positif signifikan dengan variabel endogen. Diantaranya, hubungan supervisi terhadap semangat kerja, hubungan semangat kerja dengan budaya mutu, dan hubungan budaya mutu dengan performance guru.

Baca juga:  Wujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Koster Harapkan Kontribusi UNHI di 3 Bidang Ini

Supervisi dapat meningkatkan performance guru hanya jika melalui peningkatkan semangat kerja dan budaya mutu. Oleh karena itu, dalam meningkatkan performance guru perlu dilakukan supervisi yang mengarah pada peningkatan semangat kerja untuk tercapainya peningkatkan budaya mutu. (Adv/balipost)