Tim Basarnas Bali melakukan evakuasi WN Ukraina cidera dihempas ombak Pantai Kelingking, Sabtu (7/3). (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Seorang warga negara Ukraina mengalami cidera karena dihempas ombak di Pantai Kelingking, Nusa Penida. Valeriia Kozyr (35) cidera kaki ketika dihempas ombak, Sabtu (7/3) sekitar pukul 11.00 Wita.

Dari informasi dihimpun, Valeriia hilang keseimbangan saat berdiri di bebatuan pinggir pantai. Ia tergulung ombak dan tidak mampu berenang menyelamatkan diri.

Beruntung teman-teman korban sigap dan segera membantunya ke daratan. Korban mengeluhkan sakit pada bagian kaki dan selanjutnya meminta bantuan evakuasi.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi kejadian tersebut sekitar pukul 13.10 Wita dari koordinator Pos Unit Siaga SAR Nusa Penida. “Laporan segera direspon dengan menggerakkan 4 personil menuju Pantai Kelingking menggunakan speedboat,” jelas Gede Daramada, S.E., M.AP. Kepala Kantor Basarnas Bali.

Baca juga:  Cari Badan Pesawat Lion Air, Basarnas Gunakan Ini

Karena akses darat sulit, penyelamatan dilakukan lewat laut. “Akses daratnya untuk naik ke atas tebing sempit dan berisiko maka diputuskan proses evakuasi melalui laut,” ungkapnya.

Darmada mengatakan korban ditangani terlebih dulu sebelum dievakuasi. “Kaki yang cidera dibidai terlebih dahulu guna mengurangi pergerakan pada bagian tersebut, menjaga cideranya tidak bertambah parah,” tuturnya.

Akhirnya pada pukul 14.50 Wita korban berhasil dievakuasi selanjutnya dibawa menuju Dermaga Toya Pakeh dengan menggunakan speedboat Ocean Drive. Penanganan medis lebih lanjut akan dilakukan di Klinik Nusa Medical Center. (Bagiarta/balipost)