Duta Kabupaten Tabanan dalam PKB 2019 menampilkan parade tari baris Cerekuak. (BP/dok)

TABANAN, BALIPOST.com – Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan memastikan mengikuti seluruh materi yang diwajibkan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLII Tahun 2020. Apalagi tahun ini anggaran Tabanan untuk PKB Rp 2,9 miliar, meningkat dibandingkan tahun 2019 yang hanya Rp 1,6 miliar.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan I Wayan Muder seizin Kepala Dinas Kebudayaan I Gusti Ngurah Supanji membenarkan hal itu. Peningkatan anggaran untuk PKB tahun ini berasal dari BKK Provinsi Rp 750 juta dan sisanya lebih dari Rp 2 miliar dari APBD Tabanan.

“Kami ngirim penuh tahun ini sesuai yang dikriteriakan provinsi. Kami juga mengirim delapan materi tambahan untuk memberikan kesempatan pada seniman lainnya yang ingin tampil,” terangnya, Rabu (26/2).

Baca juga:  Nunggak Bayar Retribusi, Enam ''Fast Boat'' Disoroti Dewan Klungkung

Pada parade pawai, Tabanan akan melibatkan sekitar 350 seniman, sedangkan untuk tiap materi PKB selama satu bulan diterjunkan kurang lebih 1.500 seniman. Dalam parade pawai PKB ke-42, duta Tabanan menampilkan kesenian inovasi Ketungan dan Tektekan sebagai ciri khas Tabanan.

Sebelum tampil di provinsi, duta Tabanan bakal berlaga di PKB Kabupaten yang digelar tiga hari di gedung kesenian I Ketut Maria dan panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi. (Dewi Puspawati/balipost)