Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, SS.,M.Hum. (kiri) didampingi para wakil Dekan dan Ketua Senat FIB Unud berfoto bersama lulusan terbaik pada Upacara Yudisium FIB Unud Periode Ke-135 di Aula Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Rabu (12/2). (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Persatuan Orangtua Mahasiswa (POM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menggelar upacara pelepasan calon wisudawan periode ke-135 di Aula Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Rabu (12/2). Sebanyak 83 orang calon wisudawan yang terdiri 57 orang mahasiswa program sarjana (S1), 16 orang mahasiswa Program Magister (S2) dan 10 orang mahasiswa Program Doktor (S3) dilepas langsung oleh Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, SS.,M.Hum.

Para calon wisudawan akan diwisuda oleh Rektor Unud di Auditorium Widya Sabha Unud, Sabtu (22/2). Lulusan terbaik calon wisudawan periode ke-135 ini diraih oleh I Made Exis Wijaya, S.S. dari S1 Prodi Sastra Inggris dengan IPK=3.95 (Cumlaude), Desak Putu Andi Suarmini, S.Sos.,M.Si. dari S2 Kajian Budaya dengan IPK=3.95 (Cumlaude), dan Dr. Yafed Syafei, S.S.,MA. dari S3 Linguistik dengan IPK=3.80 (Sangat Memuaskan).

Baca juga:  Unud Kukuhkan 4 Guru Besar Tetap, Ini Mereka

Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, SS.,M.Hum., mengatakan para calon wisudawan yang dilepas telah memenuhi kualitas dan daya saing lulusan yang sesuai dengan visi misi inovatif dari Kemenristek-Dikti. Visi misi inovatif ini lebih dititikberatkan pada sistem pembelajaran STEAM (Science Technology, Engenering, Arts, and Matematics) yang mengedepankan softskiil mahasiswa.

Tujuannya untuk pengembangan SDM siap kerja, siap usaha, dan me-link and match dengan industri. Selain itu, dikatakan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengeluarkan kampus merdeka, dimana mahasiswa dipersilakan secara sukarela berkuliah di luar Prodi selama 3 semester. Satu semester memilih mata kuliah di Prodi lain (sama fakultas atau beda fakultas) dan 2 semester dapat kuliah di luar kampus, bisa berupa magang di perusahaan atau di tempat-tempat lain yang dapat meningkatkan sofskill-nya. (Adv/balipost)