(BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mahasiswa Universitas Udayana (Unud) di bawah bimbingan Prof. I Ketut Suada berhasil berpartisipasi dalam proyek internasional It’sOnYou yang merupakan proyek game edukasi. Tahun lalu, di musim percontohan pertandingan, mahasiswa Unud menempati posisi ketiga, mengalahkan tim dari India dan Laos.

Prof. I Ketut Suada, mengatakan permainan ini menarik di kalangan mahasiswa, karena memungkinkan mereka untuk berlatih memecahkan masalah lingkungan praktis yang nyata, yang akan mereka butuhkan di tempat kerja di masa depan. Popularitas permainan semakin meningkat karena merupakan cara untuk menarik perhatian orang ke lingkungan sekitar.

Menurutnya, topik ini sekarang lebih relevan dari sebelumnya dan harus membangkitkan minat pembaca. Diungkapkan, di tengah abad ke-21, pembelajaran mengambil banyak bentuk, dan pendidikan telah melampaui batas-batas ruang kelas tradisional.

Baca juga:  Pesta Miras di Pesta Ulang Tahun Berujung Penikaman

Proyek permainan edukasi “It’sOnYou”, yang dijalankan oleh AEU Club, adalah contoh cemerlang dari tren ini. Karena memberikan siswa pengalaman unik dan mendalam dalam menguasai teknik ekologi modern sambil menghadapi tantangan ekstrem.

Pada kegiatan pilot season, tim dari Unud menunjukkan hasil yang bagus. Tidak seperti video game biasa, proyek ini dirancang untuk melibatkan mahasiswa dalam mengatasi masalah dunia nyata, bencana. Baik alam maupun buatan manusia, yang memiliki dampak mendalam pada lingkungan, masyarakat, dan pertanian.

Baca juga:  Elon Musk: Penting Bagi Mahasiswa Miliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Prof. Suada mengatakan peserta dalam permainan akan menemukan diri mereka dihadapkan dengan serangkaian skenario yang melibatkan situasi bencana. Skenario ini tidak hanya hipotetis, tetapi mencerminkan tantangan nyata yang dihadapi planet kita saat ini.

Ia menjelaskan permainan ini mengembangkan pemikiran strategis peserta, keterampilan memecahkan masalah, dan kemampuan pengambilan keputusan semua komponen penting dari manajemen bencana yang efektif. Fitur yang membedakan proyek It’sOnYou adalah proses evaluasi profesionalnya. Sebuah panel ahli internasional di lapangan menilai hasilnya, memberikan umpan balik yang berharga dan kritik konstruktif kepada peserta. Ini tidak hanya menambahkan elemen akuntabilitas dunia nyata, tetapi juga membantu mahasiswa memperbaiki pendekatan mereka dan belajar dari kesalahan mereka.

Baca juga:  Gubernur Koster: Kualitas Alam Bali Menurun, Harus Diperbaiki

Game It’sOnYou mencakup periode yang panjang, dari November 2023 hingga Agustus 2024. Menawarkan mahasiswa banyak waktu untuk membenamkan diri dalam tantangan dan tumbuh sebagai pemecah masalah lingkungan. “Saat pertandingan musim 2023/2024 berlangsung, kita berharap untuk menyaksikan gelombang baru individu yang sadar lingkungan dan mahir secara teknis yang siap untuk mengatasi tantangan ekologis di masa depan secara langsung. Ini bukan hanya permainan, ini adalah pengalaman belajar transformatif yang menjanjikan untuk membentuk para pemimpin masa depan,” tandas Prof. Suada. (kmb/balipost)

BAGIKAN