Tim Disdapgrinkop UKM memantau harga bahan sembako di Pasar Anyar, Singaraja, Rabu (12/2). (BP/mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Harga kebutuhan sembako menjelang Galungan dan Kuningan masih stabil. Belum terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok seperti daging, bahan bumbu masakan dan sayur. Malah beberapa komoditas yang dijual pedagang di pasar tradisional harganya turun.

Hal itu terungkap ketika Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagprinkop UKM) Buleleng memantau harga dan stok kebutuhan pokok di Pasar Anyar Singaraja, Rabu (12/2). Pantauan dipimpin Kepala Disdagprinkop UKM Dewa Made Sudirta bersama personel Satpol PP.

Di hadapan tim, pedagang dengan lugas menjelaskan tidak ada lonjakan harga kebutuhan pokok. Justru, belakangan ini harga kebutuhan pokok turun dibandingkan hari-hari biasanya.

Salah satu komuditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai yang sebelumnya Rp 80.000, turun menjadi Rp 55.000 per kilogram. Sementara bawang merah dan bawang putih sebelumnya Rp 60.000 turun menjadi Rp 50.000 per kilogram.

Baca juga:  Stok Babi Aman, 25.000 Ekor Disiapkan Untuk Galungan

Kepala Disdagprinkop UKM Dewa Made Sudirta mengatakan, hasil pemantauan ini menunjukkan harga sembako relatif stabil. Daging babi, ayam, daging sapi dan juga demikian. Sebaliknya, beberapa komoditas harganya turun dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Situasi ini diperkirakan karena Galungan dan Kuningan tinggal beberapa hari lagi. (Mudiarta/balipost)