Wali Kota Misato, Jepang, Takashi Kado (kiri) bertemu dengan Gubernur Bali Wayan Koster, Senin (10/2). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Wali Kota Misato, Jepang Takashi Kado di Jayasabha, Denpasar, Senin (10/2). Selama ini, Kota Misato telah menjalin kerjasama sister city dengan Desa Mas, Ubud, Gianyar.

“Kerjasama yang terjalin, muda-mudi Desa Mas dikirim ke Jepang untuk bekerja dan belajar. Begitu juga dengan warga Jepang dikirim ke Desa Mas,” ujar Takashi Kado.

Pihaknya berharap kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan. Di sisi lain, lanjut Takashi Kado, Kota Misato akan dikembangkan untuk pariwisata di samping bidang kesehatan dan pertanian.

Sejumlah hotel juga akan dibangun, sehingga pihaknya membutuhkan tenaga kerja di bidang itu. “Semoga dari Bali bisa mengirim tenaga kerja ke Misato,” harapnya.

Menurut Takashi Kado, suasana Kota Misato sudah mendekati seperti Ubud. Pihaknya mengagumi keindahan Ubud, terutama penataan di pinggir-pinggir sungai.

Baca juga:  Gubernur Koster: Kualitas Alam Bali Menurun, Harus Diperbaiki

Sedangkan Bali secara umum dinilai sangat menakjubkan baginya. “Saya sudah 3 kali datang ke Bali, yang menarik dari Bali adalah kebudayaan, banyak pura, semua sangat menghormati. Saya melihat saja sudah sangat puas. Tarian dan musik dan seni sangat menyentuh bagi saya,” paparnya.

Menanggapi hal ini, Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas. Pihaknya mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta memfasilitasinya.

Apalagi, Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya. “Kebudayaan Bali dan Jepang memilii banyak kesamaan. Kita akan adakan Bali World Culture Celebration pada November. Saya harap Kota Misato bisa ikut berpartisipasi pada acara ini, ” ujarnya. (Rindra Devita/balipost)