Ilustrasi. (BP/dok)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Perkembangan kasus HIV/Aids nampak kian mengkhawatirkan. Dalam satu kecamatan saja, khususnya Puskesmas Dawan I, sudah menangani 16 kasus HIV/AIDS sepanjang 2019. Bahkan, satu di antaranya telah meninggal dunia.

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung, melakukan kunjungan kerja ke UPT Pukesmas Dawan 1, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Rabu (5/2).

Kepala UPT Pukesmas Dawan 1 dr. Ida Ayu Ketut Sri Handayani, menyampaikan Pukesmas Dawan I cukup serius melakukan penanganan kasus ini. Agar, kasus serupa tidak semakin marak khususnya di Kecamatan Dawan.

Sekretaris KPA Klungkung, Wayan Sumananya, menambahkan semua Pukesmas yang ada di Kabupaten Klungkung sekarang sudah mampu mengampu pengobatan penyakit HIV/Aids ini. Sehingga, bila ada kendala serius agar selalu melakukan koordinasi dengan KPA. “Melalui kunjungan ini, kami berikan pembekalan kepada petugas KPA di pukesmas dan mengunjungi semua puskesmas yang ada di Klungkung,” ujar Sumanaya.

Baca juga:  Temuan Kasus HIV/AIDS, Bali Masuk Peringkat 5 Besar

Penderita HIV/Aids cukup tinggi di Klungkung. Saat ini sudah terdata sebanyak 440 penderita. Namun, dari jumlah tersebut hanya 60 orang penderita mendapatkan pendampingan. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.