Bali Belum Bebas Rabies
Ilustrasi. (BP/dok)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kasus gigitan anjing rabies di Klungkung bertambah. Tak hanya lima warga yang mengalami demam sehingga harus dirawat di RSUD Klungkung, ada sejumlah orang lagi yang tergigit anjing.

Anjing yang sama yang telah dinyatakan positif rabies ini ternyata telah mengigit 6 orang lainnya. “Ada 11 orang yang digigit anjing. Lima warga Kupang dan enam lagi orang Bali yang tinggal disana termasuk pemilik anjingnya juga ikut digigit,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klungkung, Wayan Kariana, Sabtu (25/1), dikutip dari denpost.id.

Baca juga:  Distan Buleleng Kendalikan Penularan Rabies

Menurut Kariana, 11 warga tersebut digigit anjing dalam waktu berbeda. Kasus gigitan anjing tersebut mulai terjadi pada 12 hingga tanggal 15 Januari. Setelah mengetahui ada kasus gigitan anjing, petugas Kesehatan Hewan kemudian turun mengecek anjing yang mengigit warga pada tanggal 16 Januari. “Setelah dicek oleh petugas Keswan, anjing tersebut positif rabies. Sehingga setelah itu kami langsung melakukan pendalaman di lokasi untuk mencari tahu siapa saja warga yang tergigit anjing,” katanya.

Baca juga:  Rekor Penambahan Positif COVID-19 di Bali Kembali Pecah, Segini Jumlah Kasus Hariannya

Ia menambahkan semua warga yang tergigit ini sudah mendapat VAR. Ia pun mengatakan stok VAR dan SAR di Klungkung aman. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *