Cuci tangan bisa membantu mencegah tubuh terjangkit penyakit. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perbedaan coronavirus dengan bakteri penyebab pneumonia ada pada progresifitasnya. Menurut Dokter konsultan paru RSUP Sanglah, dr. I Made Bagiada, SpPD (KP),  jika disebabkan karena virus, orang yang terinfeksi bisa mengalami gejala memburuk hanya dalam hitungan jam.

Sehingga memerlukan penanganan yang cepat. Sementara dari segi gejala hampir sama yaitu dimulai dari pilek, batuk, panas dan kemudian sesak dan terjadi infeksi paru. ”Kalau bakteri proses dari pilek sampai terjadi infeksi paru itu butuh proses yang agak lama. Tetapi kalau virus, bisa saja hitungan jam sudah menyebabkan infeksi paru. Progresifnya cepat,” ujarnya.

Baca juga:  Kasus Harian Terbanyak Sejak Pandemi, Singapura Lakukan Pemeriksaan Lonjakan COVID-19

Meskipun saat ini belum ada kasus karena coronavirus tipe baru ini. Sementara mengenai langkah-langkah pencegahan hal yang paling utama tentunya menghindari bepergian ke negara-negara terinfeksi.

Selain itu seperti penyakit virus lainnya hal yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh, makanan dan minum serta tidur yang cukup. Untuk makanan dengan bahan baku ikan, disarankan untuk memasak ikan sampai matang atau dalam suhu 70 derajat selama 10 menit.

Baca juga:  Dari Singapura “Lockdown" hingga Ini Instruksi Menhub Antisipasi Arus Balik

Selain itu juga diterapkan cuci tangan baik sebelum dan sesudah makan serta setelah datang dari bepergian. (san)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *