Petugas kebersihan Kota Denpasar selalu siap melaksanakan tugas, seperti yang terlihat di areal Denfest 2019. (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perayaan malam pergantian tahun atau malam tahun baru 2020 dirayakan seluruh masyarakat. Banyaknya kegiatan yang diiringi antusiasme warga menyebabkan peningkatan volume sampah, seperti yang terjadi di Kota Denpasar.

DLHK Kota Denpasar mengangkut 1.200-1.400 ton sampah pada malam pergantian tahun. Jumlah ini meningkat 20-30 persen daripada hari biasa yang berkisar 800-900 ton/hari. Peningkatan volume sampah terjadi di daerah tertentu, seperti pantai, lapangan dan lokasi yang biasanya menjadi tempat masyarakat menikmati pesta kembang api.

“Sampah rumah tangga dan jalanan normal,” jelas Kabid Persampahan dan Limbah B3 DLHK Kota Denpasar I Ketut Adi Wiguna ketika dimintai konfirmasinya, Rabu (1/1).

Guna memaksimalkan penanganan sampah dan sebagai upaya menciptakan Kota Denpasar bersih dan asri, DLHK Kota Denpasar menyiagakan 40 unit armada dengan 600 personel termasuk tenaga kebersihan pada malam pergantian tahun 2020.

Baca juga:  Puskeswan III Temukan Pakan Babi dari Sisa Makanan Rumah Sakit

“Seluruhnya, baik sampah jalan raya, rumah tangga maupun titik penumpukan lainya sudah ditangani dengan maksimal. Kami menerjunkan armada dan personel termasuk tenaga kebersihan, sehingga upaya menjadikan Denpasar bersih dan asri dapat diciptakan,” ungkapnya.

Adi Wiguna juga mengimbau masyarakat agar aktif menjaga kebersihan lingkungan serta meminimalisir jumlah sampah. Selain itu, pemilahan sampah dari rumah tangga sangat penting sebelum dibawa ke TPA serta membatasi dan mengurangi penggunaan plastik.

“Kami tetap mengimbau masyarakat supaya mengurangi, membatasi penggunaan bahan plastik sekali pakai, selalu membawa Tas Ramah Lingkungan yang bisa dipergunakan berkali-kali serta ikut serta memilah sampah dari rumah tangga,” ujarnya. (Asmara Putra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.