DENPASAR, BALIPOST.com – Di tengah kesibukan, tuntutan hidup dan persaingan semakin ketat memicu kelelahan batin, stres dan tentunya rentan terhadap sakit. Tidak hanya di kota, tekanan ini pun mulai dirasakan masyarakat desa.

Untuk menenangkan dan menyehatkan pikiran dan jiwa, bermeditasi menjadi pilihan, tidak hanya generasi tua tetapi juga ke generasi muda. Bali Usada Health Meditation merupakan pusat pelatihan meditasi yang sudah 20 tahun lebih mengajarkan teknik meditasi yang unik dan integratif, sehingga setiap orang yang berlatih meditasi usada dapat menjadi lebih sehat, tenang, dan bahagia.

Untuk menyebarkan energi positif dari meditasi ini, Kelompok Media Bali Post (KMB) bekerjasama dengan Bali Usada Health Meditation menggelar acara one day learning Bali Usada Health Meditation, Sabtu (14/12) di Gedung Pers K Nadha. Kegiatan ini sendiri direncanakan akan dilaksanakan dan disebarluaskan ke banjar-banjar yang ada di Bali.

Guru Utama Bali Usada Health Meditation, Merta Ada mengatakan teknik meditasi untuk kesehatan yang diajarkan Bali Usada Health Meditation sudah dikembangkan sejak 26 tahun yang lalu. Pada kesempatan saat ini pihaknya bekerjasa sama dengan KMB menggelar one day learning Bali Usada Health meditation. “Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan bermeditasi kesehatan kepada peserta selama satu hari dan kemudian dilanjutkan di rumah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, para peserta ini diharapkan mau menularkan ilmu ini dan menjadi volunter apabila kegiatan ini dilakukan di banjar-banjar maupun desa-desa di Bali. “Kami berencana untuk meluaskan Bali Usada Health Meditation ini hingga ke banjar-banjar yang ada di Bali bekerjasama dengan KMB. Saya harap para peserta saat ini mau menjadi volunteer untuk bersama-sama mengenalkan meditasi untuk kesehatan ini ke masyarakat Bali sehingga tercipta kehidupan yang harmonis dan bahagia,” jelasnya.

Baca juga:  Pasraman Siswa dan Guru Ajeg Bali Melatih Disiplin dan Pengendalian Diri

Pimpinan KMB, Satria Naradha mendukung rencana ini. Menurutnya KMB, mencakup di dalamnya media informasi seperti Bali Post dan Bali TV bisa bergandengan dengan Bali Usada Health Meditation untuk menyebarkan teknik meditasi untuk kesehatan diseluruh Bali.

Diharapkan lewat kerjasama ini akan semakin meningkatkan kualitas hidup dan keharmonisan masyarakat Bali, baik secara pribadi maupun antara masyarakat maupun ke lingkungan dan alam semesta.

Sementara itu manager Bali Usada Health Meditation, Nago Tejena menjelaskan kegiatan one day learning ini dilaksanakan sejak awal 2019. ”Kegiatan ini sudah berlangsung setidaknya 14 kali sepanjang tahun 2019 meliputi kota-kota besar yang ada di Indonesia bahkan di luar negeri,” ujarnya.

Ia menambahkan program one day learning ini dibuka untuk mengakomodir masyarakat yang ingin belajar meditasi kesehatan Bali Usada dalam waktu yang singkat. ”Kegiatan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sibuk dan tidak bisa menjalani program Tapa Brata kami dimana berupa retret selama tujuh hari enam malam,” ujarnya. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.