Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mewakili Pangdam menerima kunjungan rombongan NDU PLA China. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Delegasi Vice President and Dean of The National Defense University of The People’s Liberation Army (NDU PLA) of China, Kamis (5/12), berkunjung ke Makodam IX/Udayana. Rombongan NDU PLA dipimpin MG Zhao Wenhua diterima Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mewakili Pangdam.

Saat itu dipromosikan jika Bali jadi primadona wisaratan manca negara karena memiliki keindahan alam dan budaya yang unik. Pada kesempatan tersebut, Kasdam membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, juga menyampaikan salah satunya peran strategis guna mendukung kelancaran pembangunan pertahanan tersebut adalah keberadaan tentara nasional di masing-masing negara.

Untuk itu kunjungan semacam ini dinilai sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan PLA China untuk menjaga kawasan. “Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan hubungan kerja sama Indonesia dengan China di bidang pertahanan. Antara TNI AD dengan People’s Liberation Army Of China sangat penting di bidang peningkatan kualitas mutu prajurit,” ujarnya.

Selanjutnya dijelaskan tentang tugas pokok Kodam yaitu menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah daratan Bali dan Nusa Tenggara. Implementasi tugas pokok Kodam sebagai penjabaran tugas TNI AD yaitu melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca juga:  Kodam Waspadai Bencana Gunung Merapi

Menjaga keamanan wilayah perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan pulau-pulau terluar. Melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan Matra Darat serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali Nusra. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kodam mengemban fungsi selaku Komando Utama Operasi (Kotama Ops) dan Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin).

Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap kepada rombongan delegasi dapat meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam Pulau Bali. Karena salah satu wilayah Kodam IX/Udayana yaitu Bali menjadi destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan memiliki keindahan tempat-tempat wisata dan uniknya adat budaya yang dimiliki masyarakat Bali. Sehingga Bali jadi primadona bagi wisatawan. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.