DENPASAR, BALIPOST.com – Kebanyakan orang beranggapan jika mengatur keuangan merupakan pekerjaan yang repot dan memusingkan. Padahal, sebenarnya ada banyak sekali cara pengaturan keuangan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kondisi finansial agar tetap stabil.

Namun sebelum itu, berikut beberapa mitos seputar keuangan yang harus segera Anda tinggalkan. Apa saja sih? Simak ulasannya dari Swara Tunaiku, yuk!

1. Memiliki Kartu Kredit Itu Berbahaya

Penggunaan kartu kredit memang sudah menjadi hal yang tak asing lagi di masyarakat. Hal ini tentunya tak terlepas dari menjamurnya transaksi online seperti reservasi hotel dan membeli tiket secara online juga ikut andil dalam perkembangan penggunaan kartu kredit di era modern sekarang ini.

Kebanyakan orang juga beranggapan jika kartu kredit akan membuat Anda terakhir dengan masalah keuangan yang berujung piutang. Padahal, sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu kredit.

Sebab kartu kredit selalu menawarkan promo yang menarik dengan beragam produk yang unik dan modern dengan potongan harga. Jadi jangan pernah percaya jika memiliki kartu kredit itu berbahaya.

Sebab pada dasarnya gaya hidup boros merupakan sifat dasar dari setiap orang. Hal yang perlu dilakukan hanya pengendalian diri masing-masing individu selama berbelanja.

2. Lebih Baik Menyewa Dibanding Membeli

Kebanyakan orang beranggapan jika menyewa cenderung lebih baik dari membeli. Baik barang sederhana seperti buku hingga rumah atau kendaraan.

Jika dihitung secara singkat, biaya menyewa memang cenderung lebih murah dari membeli. Namun, jika dipertimbangkan secara matang ada banyak sekali risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Bila memutuskan menyewa, Anda harus sadar jika menyewa merupakan kontrak mengikat dalam hukum yang menetapkan syarat dari perjanjian sewa menyewa. Jika terjadi kerusakan pada barang sewaan, Anda harus bertanggung jawab dengan mengeluarkan sejumlah uang. Lain halnya jika Anda seorang pemilik, kebebasan sepenuhnya akan menjadi milik Anda.

Baca juga:  Siapkan Dana Menikah dalam Waktu Satu Tahun, Berikut Tipsnya

3. Kongkow Sambil Ngopi

Nongkrong sambil ngopi saat ini banyak sekali digemari masyarakat Indonesia. Baik untuk anak muda maupun orang tua.

Kini kafe sudah menjadi tempat terbaik untuk menenangkan pikiran dan membuat diri jadi lebih segar. Namun, ternyata banyak orang beranggapan jika aktivitas ini membuat orang menjadi kurang produktif dan hanya buang-buang waktu.

Kini buang jauh-jauh mitos yang satu ini. Sebab ada banyak sekali kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan sembari ngopi di kafe.

Terlebih, bagi Anda yang lebih sering melakukan pertemuan di kantor saja. Tak ada salahnya untuk beralih ke kafe guna mendapatkan suasana baru agar ide-ide kreatif mulai bermunculan.
4. Siapkan Dana Darurat Hingga 6 Kali Biaya Hidup

Memiliki simpanan dana darurat agar keuangan Anda tetap lancar merupakan kebiasaan yang sering dilakukan. Kebanyakan orang beranggapan jika setiap orang harus memiliki dana darurat yang idealnya mampu mencukupi biaya hidup selama kurang lebih 3 sampai 6 bulan biaya hidup.

Nantinya dana ini bisa digunakan saat Anda tidak memiliki penghasilan. Namun, sebenarnya Anda juga harus menyesuaikan dana darurat dengan penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya.

Jangan sampai hanya demi mengejar target, kebutuhan hidup Anda menjadi terlupakan. Ada baiknya Anda mulai menabung dengan jumlah yang kecil secara perlahan.

Selain itu, pilihlah produk deposito agar lebih bijak dalam menarik tabungan.

Di zaman modern ini ternyata masih banyak sekali orang percaya dengan berbagai mitos seputar keuangan yang belum terbukti kebenarannya. Jangan mudah percaya dengan mitos yang belum terbukti kebenarannya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.