Suasana rapat penetapan AKD Jembrana. (BP/istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Jembrana, Selasa (17/9) rampung. Dari lima struktur AKD yakni tiga Komisi dan dua Badan, tiga parpol teratas di DPRD Jembrana menempatkan anggota di struktur pimpinan AKD.

Fraksi PDI Perjuangan yang mendominasi dengan memborong tiga Ketua Komisi dan satu Badan yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). Sisanya satu Badan yakni Badan Kehormatan (BK) diambil oleh Gerindra.

Sedangkan Golkar yang jumlah kursi di atas Gerindra, justru tidak ada menempatkan posisi Ketua, namun tetap masuk dalam struktur pimpinan AKD. Dihitung secara komposisi jumlah pimpinan di AKD, PDIP merata menempatkan anggotanya di tiga komisi dan dua Badan.

Disusul Gerindra yang menempatkan anggotanya di empat dari lima AKD. Bahkan satu anggota DPRD, I Gusti Putu Wiradi menduduki dua posisi di dua AKD yakni Wakil Ketua Bapemperda dan Sekretaris Komisi III. Sedangkan Golkar yang sejatinya secara jumlah di posisi kedua, justru hanya dapat menempatkan dua anggota di struktur pimpinan.

Dari hasil penetapan kemarin, Ketua Komisi dari PDIP menempatkan tiga anggota menjadi Ketua. Di antaranya, Ketua Komisi I Ida Bagus Susrama, Ketua Komisi II I Ketut Suastika dan Ketua Komisi III, I Dewa Putu Mertayasa. Selain itu PDIP juga meraih Ketua Bapemperda, I Dewa Komang Wiratnadi.

Baca juga:  PDIP-PKB Kukuhkan Politik Nasionalis-Agama

Terkait hal ini, Sekretaris DPRD Jembrana, I Made Sudantra seusai rapat penetapan AKD membenarkan terbentuknya struktur AKD berikut nama-nama pimpinan. Sebelumnya dalam rapat pembahasan memang sempat beberapa kali di-skors. Namun akhirnya dari hasil kesepakatan, AKD terbentuk. Selanjutnya dewan bisa melaksanakan sejumlah tugas-tugas sesuai dengan tupoksinya.

Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi terpisah mengatakan secara umum pembentukan AKD ini berjalan lancar kendatipun sempat ada permintaan skors beberapa menit. Hasil ini menurutnya sudah sesuai kesepakatan seluruh anggota DPRD Jembrana (Surya Dharma/balipost)

Pimpinan AKD DPRD Jembrana

Komisi I :

Ketua – Ida Bagus Susrama (PDI P)
Wakil Ketua – I Made Sabda (Golkar)
Sekretaris – I Ketut Suarta (Hanura)

Komisi II :

Ketua – I Ketut Suastika (PDI P)
Wakil Ketua – I Ketut Astawa Putra (Gerindra)
Sekretaris – H Sajidin (PKB)

Komisi III :

Ketua – I Dewa Putu Mertayasa (PDIP)
Wakil Ketua – I Komang Dekritasa (Golkar)
Sekretaris – I Gusti Putu Wiradi (Gerindra)

Bapemperda

Ketua – I Dewa Komang Wiratnadi (PDIP)
Wakil Ketua – I Gusti Putu Wiradi (Gerindra)
Sekretaris – Sekwan

Badan Kehormatan

Ketua – I Ketut Sadwi Darmawan (Gerindra)
Wakil Ketua – H Adrimin (PDIP)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.