Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyalakan obor sebagai pertanda dibukanya Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan, Senin (9/9). (BP/san)

TABANAN, BALIPOST.com – Warga Kabupaten Tabanan sangat antusias menyaksikan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV/2019, Senin (9/9). Hal ini terlihat saat acara yang diawali defile pariwisata dan budaya, masyarakat memenuhi jalur yang dimulai dari Kantor Bupati Tabanan hingga panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS).

Kemeriahan semakin terasa saat peserta defile muncul satu per satu pada pukul 17.00 Wita. Siswa-siswi SMP dan SMA menyambut peserta defile di sepanjang jalan dengan melambai-lambaikan bendera Merah Putih.Salah satu warga Gerokgak, Desa Dauh Peken Tabanan, Ketut Suanda (65), mengaku sudah menunggu acara defile sejak pukul 14.00. Dia mengantarkan cucunya yang ingin menonton. “Ini soalnya hiburan yang jarang. Jadi cucu saya ingin sekali menonton,” ujarnya.

Baca juga:  Ini Hasil Pleno KPU Tabanan

Acara pembukaan Porprov dengan tema ”Sport, Tourism and Culture” ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga Tabanan. Sebab, defile diisi pentas kesenian dari Tabanan yang mengiringi kontingen masing-masing kabupaten/kota. Peserta defile kurang lebih 1.800 orang.

Kontingen Badung diiringi Okokan Kediri, Bangli diiringi baleganjur, Buleleng diiringi Mandolin Pupuan, Denpasar diiringi gong suling, Gianyar diiringi baleganjur, Jembrana diiringi geng gong, Karangasem diiringi baleganjur SM, Klungkung diiringi baleganjur, dan Tabanan diiringi Tektekan, Kerambitan.

Setelah defile, acara pembukaan dilanjutkan di panggung terbuka GWS. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati membuka Porprov secara resmi. Antusias masyarakat tetap tinggi dengan memenuhi lapangan GWS dan mengikuti acara pembukaan.

Baca juga:  Di Badung, Dari Bandara Sampai Mall Dilaporkan Alami Kerusakan Karena Gempa

Ketua Umum Panitia Induk Porprov Bali XIV Dr. Komang Gede Sanjaya minta agar disebarkan spirit olahraga dan memperluas pelaksanaan Porprov sehingga terasa di seluruh lapisan masyarakat. Untuk itulah pelaksanaan pertandingan disebar di 24 desa yang ada di Tabanan. “Tujuan penyebaran pelaksanaan pertandingan Porprov ini selain lebih meluaskan suasana Porprov juga sekaligus memperkenalkan pariwisata Tabanan,” ujarnya.

Atlet dan ofisial yang mengikuti Porprov 2019 sebanyak 6.121 orang dengan rincian atlet 4.694 dan ofisial 1.527. “Pertandingan biasanya dilakukan indoor dan yang terlibat hanya insan olahraga. Di Tabanan, kami melibatkan masyarakat dan UKM di 24 desa dengan venue outdoor,” tambahnya.

Baca juga:  Ini Yang Diperiksa Ketika Masuk Areal Kantor Pemkab Tabanan

Wagub Bali Cok Ace sebelum menyalakan obor sebagai tanda dimulainya Porprov Bali XIV, mengatakan penyelenggaraan Porprov adalah kegiatan berkelanjutan dan komitmen bersama untuk meningkatkan prestasi atlet seluruh Bali. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabanan beserta jajarannya yang menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan menjadi tuan rumah Porprov 2019.

Cok Ace melanjutkan, Porprov merupakan acuan daerah untuk menyeleksi wakilnya ke ajang pertandingan yang lebih tinggi salah satunya PON 2020 di Papua. Ia mengharapkan Porprov Bali 2019 menghasilkan atlet berkualitas. (Wira Sanjiwani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *