DENPASAR, BALIPOST.com – Upaya meningkatkan kualitas para pinandita atau pemangku dalam memberikan pelayanan kepada umat, terus dilakukan. Seperti yang dilakukan PHDI bersama Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korwil Bali menyelenggarakan lokakarya yang melibatkan ratusan pinandita di Gedung PHDI Bali, Sabtu (7/9).

Lokakarya ini dibuka Gubernur Bali yang diwaliki Kepala Biro Kesra, A.A.Gede Geriya. Ketua Panitia Lokakarya Pinandita Nyoman Parbasana yang juga Ketua PSN Korwil Bali ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dari para pemangku. Selain itu, sejalan dengan tema lokakarya, yakni pengembangan pengetahuan dan potensi pinanditamenjadi pendarma wacana berkualitas melalui pendalaman perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS).

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemangku juga bisa hidup bersih, sehingga ke depan bisa ngatur ayah dengan sehat. Bukan hanya pada diri sendiri, lingkungan sekitar juga diharapkan bisa lebih bersih, sejalan dengan kebijakan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali, terutama dalam pengurangan sampah plastik.

Baca juga:  PSN Denpasar akan Gelar "Gangga Pratistha"

Sementara itu, Wakil Ketua II PHDI Bali Pasek Suastika dan Kepala Bidang Agama PHDI Pusat Dewa Putu Sukardi menyambut positif kegiatan yang dilakukan PSN Korwil Bali ini. Ke depan diharapkan bisa lebih banyak lagi menyelenggarakan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas diri pada pinandita.

Sehingga bukan saja mampu muput upakara dengan baik, tetapi juga bisa memberikan pencerahan melalui dharma wacana kepada umatnya.

Di sisi lain, Gubernur Bali melalui Kepala Biro Kesra A.A.Gede Geriya mengatakan,  dalam era sekarang ini para pinandita harus mampu beradaptasi meningkatkan kualitas diri dengan baik. Agar apa yang menjadi makna dari kehidupan masyarakat dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dikatakan, pinandita  yang menjadi ujung tombak dalam membina dan melayani umat untuk senantiasa membimbing umat Hindu berperilaku di dalam menjalani kehidupan ini. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.