Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali I Made Rentin AP. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pembatalan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX di Papua tidak berpengaruh pada kesiapan tim Bali. Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Drs. I Made Rentin AP, M.Si., memastikan hal itu, Senin (26/8).

Ia membenarkan pembatalan kegiatan Popnas XV dan Peparpenas IX di Papua sebagaimana surat dari Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Nomor SS.8.23.5/SET/VII/2019, tertanggal 23 Agustus 2019. Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Dispora Provinsi di seluruh Indonesia.

Dalam surat tersebut disampaikan, pembatalan Papua sebagai tuan rumah tahun 2019 berdasarkan surat Gubernur Papua pada 20 Agustus 2019 yang memohon pemindahan penyelenggaraan Popnas VX dan Peparpenas IX 2019. Ada pun alasannya terkait kondisi terkini di Papua, seperti persoalan keamanan yang sedang tidak stabil dan persoalan teknis prihal lelang venue yang hingga 50 hari menjelang perhelatan belum kunjung tuntas.

Baca juga:  Lempar 1.359 Sege, Festival Budaya Lembah Baliem Pecahkan Dua Rekor

Rentin menjelaskan, pascaadanya pembatalan ini pihaknya masih menunggu kepastian terkait lokasi pengganti. ”Dampak dari pembatalan kegiatan di Papua secara signifikan tidak berpengaruh, mengingat sampai saat ini Bali masih dalam tahap persiapan atlet untuk menghadapi kejuaraan tersebut yang akan digelar Oktober 2019,” katanya.

Saat ini, Tim Dispora Bali sedang melakukan seleksi atlet beberapa cabang olahraga (cabor). Proses seleksi sesuai rencana akan berlangsung hingga awal September 2019. Rentin yang menargetkan tim Bali dapat bertahan di ranking ketujuh, akan lebih memaksimalkan cabor-cabor yang berpotensi meraih medali. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.