DENPASAR, BALIPOST.com – Siapa yang tidak mengenal Pantai Sanur dengan kegiatan yoga di pagi hari. Sekumpulan penekun yoga setiap hari hampir dipastikan berlatih yoga di Pantai Karang Sanur.

Masyarakat Sanur, sekitaran Denpasar dan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, tidak sedikit mereka berlatih bersama. Namun, ketika 200-an penekun yoga itu melakukan asanas bersama merayakan kebersamaan dalam bentuk festival, itu yang luar biasa.

Pada Sabtu (24/8), telah digelar Santrian Yoga Festival 2019, kegiatan yoga yang digagas Puri Santrian Beach Resort & Spa adalah bentuk selebrasi kelompok yoga yang bernama Seger Oger. Kegiatan ini juga serangkaian dengan Sanur Village Festival (SVF) 2019.

Santrian Yoga Festival 2019 yang didukung penuh Bank BNI dan Bank Mandiri diikuti oleh persaudaraan yoga Seger Oger, masyarakat penekun yoga, dan para wisatan. Sejak pukul 5.30 Wita terlihat para peyoga sudah menempati area di pinggir pantai Puri Santrian Beach Resort & Spa.

Baca juga:  Progres Penataan Pantai Sanur Hampir 50 Persen

Sebelum matahari terbit peserta melakukan latihan olah nafas dan meditasi. Bersamaan dengan terbitnya matahari, peserta melakukan gerakan yoga yang dimulai dengan Surya Namaskara dan ditambah gerakan-gerakan lainnya.

Seluruh gerakan yoga dalam pelaksanaan Santrian Yoga Festival 2019 dipimpin oleh Ida Bagus Candi, seorang sesepuh dan pendiri yoga Seger Oger. Setelah berakhirnya seluruh rangkaian gerakan yoga, Santrian Yoga Festival 2019 juga dimeriahkan dengan yoga performance dari Yoga Acro Herawati dan Agus, Penari Olga Stadnikova dari Ukraina, dan Joni Agung dari Seger Oger Pantai.

Penampilan para pengisi Santrian Yoga Festival 2019 benar-benar memberikan keriangan kepada seluruh peserta, di samping mendapatkan kebugaran yang nyata. Penampilan Herawati dan Agus dengan Yoga Acro menyerupai gerakakan akrobatik yang mementingkan adanya keseimbangan tingkat tinggi.

Penari Yoga Olga Stadnikova dari Ukraina mempertunjukkan kelenturan tubuh seperti memadukan yoga dan ballet. Tarian dengan durasi hampir 5 menit dengan judul Gayatri Mantra memperlihatkan betapa gerakan yoga juga memiliki estetika gerak yang menakjubkan.

Baca juga:  18 Juni, IDY Kembali Digelar

Selanjutnya Santrian Yoga Festival 2019 ditutup oleh Joni Agung dengan yoga gembira yang menggabungkan alunan musik dan lagu reggae dengan gerakan-gerakan penuh keriangan.

Ida Bagus Ngurah Kumbayana penggagas Santrian Yoga Festival 2019 mengatakan ini merupakan acara yang memadukan kegiatan rutin yoga di Puri Santrian Beach Resort & Spa yang diikuti oleh para tamu-tamu yang tinggal dan keluarga besar pasemetonan Yoga Seger Oger Sanur dalam sebentuk perayaan bersama.

Lebih lanjut, menurut Gus Ngurah, sapaan akrab penggagas Santrian Regatta 2019 yang juga Managing Director Santrian Group sekaligus Owner dari Puri Santrian Beach Resort & Spa, yoga sangat besar manfaatnya dalam kebugaran tubuh. Tidak hanya tubuh saja yang sehat, namun pikiran dan jiwa juga ikut sehat.

Gus Ngurah memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada keluarga besar Yoga Seger Oger yang selama ini telah menghidupkan Pantai Sanur dengan aktivitas yoganya. “Yoga bukan hanya gerak untuk kebugaran, tapi saat ini sudah menjadi life style serta kebutuhan masyarakat modern termasuk para wisatawan yang datang ke Sanur,” tambah Gus Ngurah.

Baca juga:  Terancam Imbas Resesi Global, Pemulihan Pariwisata Bali Perlu Waktu Panjang

Ida Bagus gede Sidharta Putra akrab disapa Gusde, Ketua Umum Sanur Village Festival 2019, juga menyambut baik ketika Puri Santrian menyampaikan gagasannya untuk mendukung program SVF dengan festival yoga. Menurut Gusde, SVF selama ini telah menempatkan Yoga Seger Oger sebagai program unggulan.

Seger Oger pernah menyelenggarakan yoga festival dalam rangkaian SVF yang diikuti ribuan peserta dan juga tampil di panggung. Senada dengan Gus Ngurah, Gusde berharap Santrian Yoga Festival dapat berlanjut dan dijadikan agenda tahunan yang bersinergi dengan Sanur Village Festival.

Seger Oger sebagai organisasi kekeluargaan yoga yang lahir dari Pantai  Sanur kini telah menjadi ikon Pantai Sanur. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *