Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Di kehidupan sosial sekarang ini, tren makin berkembang. Tak jarang ada orang yang rela menghabiskan uang untuk tampil trendy dan agar terlihat update di mata orang.

Memang tak salah mengikuti tren, tapi kamu juga tak boleh boros karena akan merugikan diri sendiri. Namun, bagaimana caranya tetap update dan ikut tren tanpa harus boros? Ini dia beberapa tips dari Swara Tunaiku.

1. Manfaatkan Program Promo

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa update dan mengikuti tren tanpa membuat kantong jebol adalah dengan memanfaatkan program promo. Kamu bisa memanfaatkan program ini dalam banyak hal. Mulai dari makanan hingga pakaian. Kamu bisa berbelanja pakaian di online shop yang sering mengadakan promo pada hari tertentu.

Selain itu, untuk makanan kamu bisa datang ke restoran yang menyediakan akses keanggotaan suatu kartu agar bisa mengakses beberapa merchant secara cuma-cuma. Jadi, dengan ini kamu tetap bisa hits, nongkrong dan berpakaian keren namun tak membuat kantongmu menjerit.

2. Jika Bisa, Buatlah Sendiri

Melihat kedai kopi yang Instagramable dengan sajian kopi yang enak tentunya sangat menggairahkan, kan? Kamu pasti tertarik untuk coba mengunjungi dan mencicipi kopi di sana. Namun, dapat dipastikan harga yang harus kamu bayar tak murah. Kalau sudah begini, kamu bisa boros.

Jika kamu mampu membuat kopi, untuk apa datang ke sana? Tak usah yang harus sama dengan kopi di kedai tersebut, buat saja yang kamu bisa dan tambahkan sesuatu yang membuatnya istimewa. Kamu bisa hemat banyak kalau begini. Namun, kalau kamu mau mencicipi kopi di sana, sesekali tak masalah. Asal jangan keterusan saja.

3. Masak Sendiri

Cobalah untuk masak sendiri juga. Kamu bisa membawa hasil masakanmu ke kantor dan tak perlu lagi memesan makanan di luar. Kamu tetap bisa makan bersama teman, tapi dengan masakan yang kamu bawa sendiri. Teman nongkrong di kafe, kamu juga bisa ikut.

Baca juga:  Lakukan 7 Hal Ini Agar Tak Stres Memikirkan Keuangan Ketika Hamil!

Toh, kamu tetap bisa ikut tren dengan cara seperti ini. Makan di kafe. Sama saja, kan?

4. Ikut Giveaway

Mau beli skincare atau make up terbaru yang sedang hits dan tampaknya cocok dengan diri kamu? Pikirkan dulu. Terlebih bila harganya selangit.

Daripada kamu membeli sendiri dan membuat kantongmu bolong, lebih baik kamu coba ikut giveaway saja. Ada, kok, akun media sosial yang sering mengadakan giveaway produk-produk seperti ini.

Apalagi, dalam rangka promosi, biasanya official dari produk skincare atau make up tersebut akan mengadakan promo semacam ini. Siapa tahu dengan mengikutinya kamu bisa menang, kan? Meski pesaing yang ikut giveaway juga banyak, tak ada salahnya kamu mencoba ikutan dan kalau menang, kamu bisa hemat banyak.

5. Buat Bujet Khusus

Sebelum kamu memutuskan untuk ikut tren, ada baiknya kamu membuat bujet khusus untuk ini dari gaji yang kamu miliki. Buatlah anggaran belanja sederhana untuk pengeluaran.

Kamu bisa menganggarkan sebagian gajimu untuk membeli pakaian baru, beli make up, dan ikut nongkrong di kafe. Namun, jumlahnya tentu tak lebih dari setengah gaji yang kamu miliki.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap terlihat mengikuti tren dan selalu update tanpa harus boros. Kalau mengikuti keinginan, tentu semua mau kamu lakukan dan tak peduli masalah uangmu.

Namun, kamu harus realistis. Gajian hanya sebulan dan kamu habiskan untuk senang-senang, tak mungkin, kan? Lebih baik, kelola dengan benar dulu! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.