Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sistem Mandiri error, Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran terus mengawal pelaksanaan aturan perlindungan konsumen. Kepala Bank Indonesia KPw Bali Causa Iman Karana menyampaikan, dengan kejadian gangguan IT di Bank Mandiri, BI melihat pihak Bank Mandiri telah mengambil langkah untuk mengatasi hal ini.

Dengan memperbaiki sistem dan telah menyatakan bahwa dana nasabah aman. “Dari BI tentunya terus berkomunikasi dan memantau proses penyelesaian dan tentu BI mengawal terus pelaksanaan aturan perlindungan konsumen,” ujarnya.

Baca juga:  Banyak Sungai Perlu Dinormalisasi

Jika ada nasabah yang saldonya kurang atau lebih, BI menyatakan dalam rangka perlindungan konsumen, ada aturan atau standard keamanan misalnya untuk melaksanakan business contingency plan (BCP). Melakukan back up atas data transaksi dan prosedur resolusi apabila terjadi dispute (misalnya jika ada kasus  perbedaan jumlah saldo).

Terkait dengan kasus yang terjadi, ia berharap dapat segera diatasi mengingat bank juga telah melakukan komunikasi dan menjamin keamanan dana nasabah kepada masyarakat. BI juga mengimbau masyarakat atau nasabah tetap tenang.

Baca juga:  Diturunkan, Baliho Sosialisasi Politik di Tabanan

Jika ingin tahu tentang saldo dan keamanan rekeningnya, dapat mengkonfirmasi atau mengecek kepada bank. Sehingga memperoleh informasi yang benar terkait keamanan saldo rekeningnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *