NEGARA, BALIPOST.com – Peringatan Hari Lanjut Usia (Halun) 2019 di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Gedung Kesenian Bung Karno, Sabtu (6/7). Kegiatan tahunan yang melibatkan ratusan lansia yang tersebar di Desa/Kelurahan di Kabupaten Jembrana ini juga disertai pameran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, serta pelayanan kesehatan melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Jembrana.

Acara yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Jembrana, I Made Sudiada mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha ini diawali dengan Senam Lansia. Dilanjutkan dengan aneka hiburan yang diperankan oleh para lansia serta hiburan Bondres Cendil cs.

Pada peringatan tahun ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga membuka stan pameran Germas. Para lansia dan peserta yang hadir dalam peringatan HALUN mendapatkan informasi dan sosialisasi terkait Germas.

Selain itu, para lansia juga mendapatkan pelayanan kesehatan dari sejumlah dokter yang tergabung dalam IDI Kabupaten Jembrana di Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Puncak peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda Jembrana I Made Sudiada didampingi istri dan diserahkan ke dua perwakilan lansia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dian Nardiani, SKH, M.PH mengatakan Kabupaten Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang pada tahun ini menjadi locus Germas disamping di Kabupaten Buleleng. Melalui kegiatan HALUN ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali ikut berkontribusi bersama komponen terkait di Pemkab Jembrana guna terus menggaungkan atau memasyarakatkan Germas di Kabupaten Jembrana. “Harapannya tidak hanya sekarang saja, tetapi setiap hari dan setiap saat, Germas selalu melekat di masyarakat. Sebab upaya preventif promotif lebih penting daripada ketika terkena penyakit,” ujarnya.

Baca juga:  Hipertensi, Penyakit Mematikan Kelima di Indonesia

Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jembrana, Made Dwipayana mengatakan kegiatan peringatan Halun ini digelar dari, untuk dan oleh Lansia. Diikuti ratusan Lansia dari berbagai organisasi dan desa/kelurahan di Jemrbana.

Pemkab Jembrana bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersinergi serta memfasilitasi sejumlah kegiatan dalam peringatan Halun tersebut. Selain hiburan, juga para lansia diberiakan souvenir, pakaian oleh raga. Termasuk dari IDI Kabupaten Jembrana yang memberikan pelayanan kesehatan melalui Posbindu dan berbagai kegiatan lainnya bagi lansia. (Adv­/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.