Ilustrasi. (BP/dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kehadiran platform dan institusi pemberi pinjaman sebenarnya sangat membantu mereka yang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Namun, setelah melakukan pinjaman, sering kali orang ingin melakukan pelunasan lebih cepat karena memang uangnya sudah ada.

Namun, tahukah kamu sebenarnya melunasi pinjaman lebih cepat itu ada untung ruginya? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

Keuntungan Pelunasan Pinjaman Lebih Awal

1. Cepat Terbebas dari Cicilan Bulanan

Salah satu keuntungan melakukan pelunasan lebih cepat adalah kamu akan lebih cepat terbebas dari cicilan bulanan. Dengan begitu, tentunya kamu bisa bernapas lebih lega. Tak perlu lagi memikirkan uang yang harus disisihkan untuk pembayaran sejumlah tagihan bulanan yang nominalnya cukup besar.

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan dana yang seharusnya untuk pelunasan cicilan ke pos pengeluaran lain yang benar-benar dibutuhkan. Jadi, dengan kata lain kamu tak akan sibuk mengatur keuangan.

2. Menghindari Denda Keterlambatan

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari pelunasan pinjaman lebih cepat adalah akan terhindar dari yang namanya denda keterlambatan. Denda keterlambatan ini sebenarnya adalah hal yang lumrah ditetapkan para kreditur. Tujuannya tentu saja untuk membuat efek jera pada si peminjam dan agar mereka juga lebih disiplin dalam membayar.

Namun, tentunya kamu pernah berada di situasi harus membayar cicilan dan harus mengeluarkan dana untuk pos lain yang lebih penting, kan? Inilah yang bisa buat kamu telat bayar. Kalau sudah begini, mau tak mau harus bayar denda yang jumlahnya juga lumayan. Kamu juga kemungkinan bisa lupa. Dengan pelunasan lebih cepat, hal ini bisa dihindari.

3. Lebih Mudah Mengajukan Pinjaman Berikutnya

Selain itu, bila kamu mau mengajukan pinjaman lagi, kamu akan mendapatkan jalan yang lebih mudah dari sebelumnya. Itu dikarenakan rekam jejak kredit yang dimiliki bagus. Kamu telah dipercaya oleh institusi pinjaman sehingga bila melakukan pinjaman berikutnya tak akan menemukan masalah.

Baca juga:  Lakukan 7 Hal Ini Agar Tak Stres Memikirkan Keuangan Ketika Hamil!

Kerugian Pelunasan Lebih Awal

Namun, kamu juga akan mendapatkan kerugian bila melakukan pelunasan lebih awal. biasanya, kamu akan dikenakan biaya penalti yang jumlahnya cukup besar. Biasanya, jumlahnya adalah 5 sampai 6 persen dari sisa tagihan kamu. Itu belum ditambah biaya administrasi tambahan karena nasabah dianggap melanggar perjanjian pelunasan, ya!

Di Tunaiku, Pelunasan Lebih Cepat Bebas Penalti

Namun, itu berbeda ceritanya bila kamu meminjam dana di Tunaiku. Kamu tak akan terkena biaya penalti bila melakukan pelunasan lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Itulah mengapa Tunaiku mengklaim diri sebagai penyedia pinjaman dengan skema yang menguntungkan. Kamu tak perlu khawatir dengan biaya tersembunyi termasuk pelunasan lebih cepat ini.

Semua biaya akan kamu ketahui sebelum melakukan pinjaman dan itu sudah dijelaskan di web atau aplikasi Tunaiku. Kelebihan lain dari platform pinjaman Tunaiku ini adalah kamu tak akan dipersulit bila mau meminjam. Hanya dalam waktu 24 jam di hari kerja, kamu sudah bisa tahu apakah pengajuan pinjamanmu diterima atau tidak.

Bila diterima, kamu juga tak perlu melakukan survei sebelumnya. Cukup tunggu surat perjanjian pinjaman sampai di tempatmu dan tandatangani. Setelah itu, dana pinjaman akan langsung cair ke rekening.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu apa saja kelebihan dan kerugian yang bisa didapat bila melakukan pelunasan lebih awal, kan? Oleh sebab itu, sebelum meminjam baiknya kamu baca dulu surat perjanjiannya dengan lengkap. Namun, kalau di Tunaiku, kamu tak perlu khawatir dengan masalah ini sebab Tunaiku tak menerapkan biaya penalti pelunasan awal. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.