Kasus kecelakaan selain disebabkan oleh human eror, juga karena fasilitas jalan yang tak memadai. Kita lihat saja, sebagus apapun jalan By-pass Ida Bagus Mantra sepanjang Denpasar hingga Goa Lawah tetap minor penilain masyarakat karena selama ini tak dilengkapi dengan Lampu Penerangan Jalan (LPJ).

Hampir 80 persen LPJ di kawasan ini padam atau sengaja dimatikan. Padahal jalan ini selain padat di siang hati juga malam hari. Terutama truk-truk pengangkut galian C yang banyak memanfaatkan jalan ini di malam hari.

Kasus kecelakaan di By-pass IB Mantra juga sering terjadi saat malam hari. Biasanya kendaraan di kawasan ini dengan kecepatan tinggi, maka sebagian besar menyisikan korban meninggal. Jika saya menjadi Gubernur Bali atau Wali Kota Denpasar, atau Bupati Gianyar atau Bupati Klungkung akan menyalakan LPJ sepanjang hari. Bukankah rakyat juga wajib membayar pajak LPJ kepada pemerintah melalui rekening PLN?

Baca juga:  Hujan Lebat, Pohon Timpa Mobil

Kedua, sinar LPJ di malam hari akan membuat kawasan ini bertambah indah dan enak dipandang dari jauh. Para pengguna jalan merasa nyaman dan aman saat menyalip kendaraan lain, kehidupan bisnis malam juga mulai bangkit.

Jika saya menjadi pejabat, saya tak akan biarkan By-pass dengan menyandang nama besar Prof. IB Mantra ini gelap gulita. Saya akan malu dengan rakyat yang telah memilih saya, malu karena tak bisa membawa perubahan. Apakah Negara dirugikan hanya dengan menyalakan LPJ tersebut?

Nang Eca

Kesiman

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.