Berita-berita pengadilan tentang vonis hakim selama bulan Mei lalu didominasi oleh berita vonis narkoba. Jumlah berita vonis hakim tentang kasus kriminal sebanyak sembilan berita, enam di antaranya (66,7%) menyangkut kasus narkoba. Sisanya lagi tiga berita termasuk lain-lain.

Dilihat dari lama vonis yang dijatuhkan, tertinggi mencapai 11 tahun dan terendah selama empat bulan. Berita tentang vonis selama 11 tahun berjudul ‘’Kuasai Ratusan Ekstasi, Pria Asal Jember Divonis 11 Tahun Penjara’’ (BP, 28/5). Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat, ‘’kok tidak kapok-kapoknya mereka mengonsumsi, menyimpan, dan mengedarkan narkoba?’’ Jika ditanya, menjawabnya pun susah harus mengatakan apa.

Jika dilihat ke belakang, terlihat (berdasarkan catatan penulis) fluktuatif tentang berita-berita vonis pengadilan tersebut. Di bulan April, misalnya, ada sebanyak empat berita, lalu di bulan Maret 13 berita, Februari sebanyak 14 berita, dan di awal tahun 2019 yakni di bulan Januari terdapat lima berita kriminal vonis pengadilan, dengan masa hukuman yang cukup bervariasi dan objek perkara yang beragam.

Baca juga:  Pria Asal Sudaji Diadili Kasus Narkoba

Romi Sudhita

Jl. Srikandi, Singaraja

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.