Suasana rekapitulasi suara di Denpasar. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dari hasil rekapitulasi di Denpasar, sedikit banyak sudah memperlihatkan perolehan suara para caleg dari partai peserta Pemilu 2019. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber dan hasil pleno kecamatan, dapat diprediksi jumlah kursi yang akan diperoleh setiap partai di DPRD Kota Denpasar.

Komposisi sementara anggota DPRD Kota Denpasar lima tahun ke depan diprediksi masih didominasi PDIP. Bahkan, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu, mengalami kenaikan perolehan kursi dari Pileg sebelumnya. PDIP Kota Denpasar memperoleh 18 kursi dalam Pileg 2019 meningkat 4 kursi, menjadi 22 kursi.

Selain PDIP, partai yang memperoleh tambahan jumlah kursi pada pemilu 2019 adalah Partai Nasdem, dari satu kursi pada Pemilu 2014, kini menjadi 3 kursi.

Namun naas dialami oleh partai PKS kota Denpasar. Tiga kursi yang diraih pada pemilu lima tahun lalu pada pemilu tahun ini harus kehilangan semuanya. Beda dengan Partai PSI yang merupakan partai pendatang baru, ini justru berhasil meraih 2 kursi.

Baca juga:  Komisi III DPRD Denpasar Sidak Proyek Pasar Badung

Sementara kenaikan jumlah kursi partai PDIP dan Nasdem, berdampak pada tergerusnya jumlah kursi di partai lainnya. Seperti Gerindra dari 5 menjadi 4 kursi, Demokrat dari 6 menjadi 4 kursi, Hanura dari 4 menjadi 2 kursi. Sementara Golkar masih tetap memiliki 8 kursi.

Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya mengatakan, untuk pleno di masing-masing kecamatan telah selesai. Terakhir adalah rekap pleno di Kecamatan Denpasar Timur.

Berdasarkan hasil pleno di lima daerah pemilihan kota Denpasar untuk sementara memang dapat dilihat perolehan kursi masing-masing partai. Dari rekap, perolehan suara PDIP terlihat mendominasi. “Namun untuk pastinya agar bersabar menunggu hasil pleno KPU Denpasar pada 6 Mei mendatang,” katanya. (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.