Suasana di Maldives. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagai destinasi wisata, Maldives tidak kalah dari Bali. Pasalnya, banyak wisatawan dunia yang gemar berkunjung ke pinggir pantai yang tersohor karena hamparan pasir putihnya. Jika kamu berniat honeymoon bersama pasangan, pasti tergoda untuk menyewa cottage yang mengapung di lautan. Keindahannya sangat menawan pastinya.

Meski menawan, liburan ke Maldives sangat memakan biaya. Kamu harus cerdik dalam mengatur finansial agar mampu liburan ke sana dengan biaya murah. Jika ingin pergi berlibur ke Maldives dengan biaya murah, cobalah lakukan 5 tips dari Swara Tunaiku di bawah ini!

1. Hindari Jumat agar tidak over budget

Apabila ingin berlibur ke Maldives, usahakan jangan pergi di hari Jumat. Mengapa? Semua aktivitas wisata memang diliburkan di hari Jumat. Tidak ada transportasi yang beroperasi serta banyak toko tutup.

Jika masih ingin datang ke sana di hari Jumat, kamu terpaksa harus bermalam di area bandara karena tidak bisa ke mana pun. Jika sudah demikian, kamu pasti mengeluarkan bujet ekstra. Karenanya, jangan tiba di sana pada hari Jumat karena banyaknya penduduk Muslim sedang beribadah.

2. Lebih perhitungan saat menukar uang

Ketika menukarkan uang ke uang Maldives yang disebut Rufiyaa, kamu harus lebih perhitungan. Janganlah kamu menukarkan uang Rufiyaa terlalu banyak. Alasannya adalah uang ini sulit ditukarkan ketika di luar Maladewa. Jika uang masih tersisa dan sudah kembali ke Indonesia, akan rugi sendiri.

Saat berangkat ke Maldives dari Indonesia, kamu dapat membawa uang Dolar. Nantinya, kamu dapat menukarkannya di Maladewa dengan jumlah secukupnya.

Menurut penghitungan, satu Rufiyaa dinilai sebesar Rp 928,00. Kamu dapat menghitungnya dari awal untuk mengetahui perkiraan pemakaian uang dan seberapa banyak uang yang harus ditukar.

3. Mengambil rute penerbangan dari Singapura

Semakin lamanya perjalanan, biayanya semakin murah. Teori ini cocok untuk rute penerbangan Singapura-Maldives yang lebih murah. Untuk sekali jalan melalui rute tersebut, kamu hanya diharuskan membayar biaya Rp 1,1 jutaan. Pastikan memilih maskapai penerbangan Singapore Airlines atau Scoot Airlines.

Meskipun harus transit dan waktu perjalanan jadi lebih lama, kamu tetap dapat membayar biaya transportasi. Untuk kamu yang ada di Batam, dapat menghemat biaya dengan cara naik kapal feri tujuan Singapura. Biaya transportasinya sekitar Rp 180 ribu dalam sekali jalan. Lebih murah, bukan?

Baca juga:  Lakukan 7 Hal Ini Agar Tak Stres Memikirkan Keuangan Ketika Hamil!

4. Menginap di hostel atau guesthouse murah

Maldives memang menawarkan penginapan dengan aneka model, meliputi hotel mewah di tepi pantai hingga guesthouse dan hostel yang murah meriah. Dahulunya, pemerintah mempunyai peraturan ketat yaitu wisatawan hanya diperbolehkan menginap di resor mewah yang tanpa penduduk.

Kini, pemerintah mengubah kebijakannya. Kamu dapat mencari penginapan yang ada di pulau lokal serta membaur dengan warga setempat. Totalnya terdapat 400 penginapan dengan berbagai model, seperti guesthouse dan hostel yang tersebar di Maldives.

Jika tidak sanggup untuk membayar biaya sewa di resor mewah, kamu dapat menginap di hostel area pulau lokal. Kamu dapat menemukan harga sewa hostel cukup terjangkau di Pulau Gulhi, Guraidhoo, dan Maafushi yaitu mulai Rp 400 ribu sampai Rp 900 ribu. Besarnya tarif tentu berbanding terbalik dari sewa hotel mewah yang sangat mahal. Harga sewa resor memang dipatok mulai Rp 2 jutaan.

Jika bujet tidak tersedia, menginaplah di hostel saja. Meski murah, keindahan Maldives tetap dapat dinikmati. Kamu dapat mengambil one day tour di sana. Jika ingin menikmati wilayah pantai, pastikan mengecek lokasi penginapan lewat Google Maps. Apabila menginap di daerah Male, kamu berkesempatan mengunjungi spot wisata National Museum, Tsunami Monument, dll.

5. Rutin cek jadwal keberangkatan transportasi di Maldives

Kesalahan kecil bisa menjadi beban biaya liburan karena adanya pembengkakan bujet. Karena kapal feri adalah alat transportasi utama di Maldives, rutin lah mengecek jadwal keberangkatan.

Jangan sampai salah menyusun itinerary. Apabila salah jadwal, kamu akan mengeluarkan banyak bujet tentunya. Sekadar informasi saja, tarif kapal feri di Maldives berkisar Rp 4 ribu hingga Rp 18 ribu, bergantung jarak tujuannya.

Jika sedikit berusaha, ternyata liburan ke Maldives bisa dihemat. Sebisa mungkin, berusahalah untuk menyusun rencana liburan beberapa bulan sebelum hari keberangkatan. Carilah promo penginapan serta penerbangan agar mampu mendapatkan harga lebih miring. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.