DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka kegiatan “International Broadcasting Academic Exchange (IBAE): The Final Chapter 2019”, Faculty Of Communication and Media Studies Universiti Teknologi MARA (UiTM) Negeri Sembilan Branch, Rembau Campus, Malaysia menggelar kunjungan universitas (Uni-Visit) ke Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Senin (22/4). Rombongan UiTM Malaysia yang berjumlah 16 orang mahasiswa didampingi 4 orang dosen ini diterima oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama ISI Denpasar, I Ketut Garwa bersama Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), beserta jajaran civitas akademika ISI Denpasar.

Ketua Pusat Pengajian Fakulti Komunikasi dan Pengajian Media, Universiti Teknologi MARA, Negeri Sembilan Branch, Rebau Campus, Malaysia, Wan Admiza Binti Wan Hassan, mengatakan kunjungannya ke ISI Denpasar bertujuan untuk mengembangkan kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah. Dipilihnya ISI Denpasar, dikatakan karena ISI Denpasar memiliki bidang yang sama khusus dengan Fakulti Komunikasi dan Pengajian Media UiTM, yaitu Komunikasi. Sehingga, kerjasama dibidang komunikasi dapat dijalin untuk mencari persamaan dan perbedaan antara komunikasi media di UiTM dengan ISI Denpasar.

Selain itu, tujuan Uni-Visit ke ISI Denpasar adalah untuk mempelajari sistem komunikasi media, terutama media penyiaran yang digunakan ISI Denpasar dan di Indonesia pada umumnya. Di samping juga untuk mengetahui dan mempelajari kebudayaan dan sosial ekonomi masyarakat Bali.

Sehingga, mahasiswa UiTM bisa memahami tugas yang akan dibuatnya sebagai tugas akhir nanti. Pihaknya berharap, kunjungannya tersebut dapat memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa dan dosen dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan pemahaman tentang ilmu komunikasi, media, dan penyiaran (Broadcasting) bagi kedua lembaga.

Baca juga:  Belum Ada Pembatalan Kunjungan Wisman ke Bali

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama ISI Denpasar, I Ketut Garwa menyambut baik kunjungan akademik yang dilakukan Faculty Of Communication and Media Studies UiTM Negeri Sembilan Branch, Rembau Campus, Malaysia. Dikatakan, semakin banyak universitas, baik dalam maupun luar negeri yang menjalin kerjasama dengan ISI Denpasar, maka akan memberikan sentuhan baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Apalagi, ISI Denpasar memiliki prodi baru, yaitu fotografi, televisi dan film.

Sehingga, sentuhan-sentuhan lintas ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kontennya sangat diperlukan dalam mengembangan prodi tersebut. “Semakin banyak yang berkunjung ke sini (ISI Denpasar, red), maka semakin banyak yang mmeberikan angin segar dan pemahaman tentang keilmuan itu sendiri, sehingga kami bisa ‘memainkan’ era revolusi industri 4.0 yang serba digital itu,” tandas I Ketut Garwa.

Selain berkunjung ke ISI Denpasar, rombongan Faculty Of Communication and Media Studies UiTM Negeri Sembilan Branch, Rembau Campus, Malaysia juga berkunjung ke LPP TVRI Bali, LPP RRI Bali dan ke Yayasan Cahaya Mutiara Ubud. Kunjungannya di Bali dari 21-25 April ini ditangani oleh Baliedu Tours and Travel, Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang fokus dengan wisata edukasi di Indonesia. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.