AMLAPURA, BALIPOST.com – Gunung Agung kembali mengalami erupsi. Erupsi kali ini jauh lebih besar karena letusan kolom abu beserta lava pijar yang dilontarkan mencapai 3 kilometer mengarah ke semua arah.

Erupsi kedua terjadi pukul 18.56 Wita dengan tinggi kolom abu teramati ± 3.000 m di atas puncak (± 6.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Baca juga:  Presiden Jokowi Kunker ke Bali, Polri-TNI Gelar Pasukan

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 1 menit 22 detik. “Erupsi kedua lebih besar dari erupsi pertama. Karena lontaran lava pijar sampai 3 kilometer menuju ke segala arah,” ujar Kepala Pos Pantau Gunung Agung  di Rendang Dewa Made Mertayasa.

Sementara itu dikonfirmasi tepisah, Kadus Temukus, Desa Besakih, I Wayan Sudiana mengatakan, erupsi memang cukup keras. Dimana lontaran lava pijar terlihat dari rumahnya mengarah ke segala arah.

Baca juga:  KKP Persilahkan Gubernur Ubah Tata Ruang Peruntukan Teluk Benoa

Kendati demikian, warga di Dusun Temukus masih tetap tenang dan tidak ada yang mengungsi. “Lontaran lava pijar hanya sampai puncak tiga. Lava tidak sampai ke Temukus. Warga masih bertahan dirumah masing-masing dan tidak ada yang mengungsi,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *