MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengumpulkan para Perbekel dari 46 Desa di Kabupaten Badung, guna melakukan sosialisasi tentang pengelolaan (TPST) Tempat Pengolahan Sampah Terpadu. Kegiatan dirangkaikan dengan Pengukuhan Forum Perbekel Kabupaten Badung bertempat di ruang rapat Rumah Jabatan Bupati Badung, Puspem Badung, Jumat (5/4).

Acara tersebut turut dihadiri Kabag Humas Setda Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Sekretaris PMD Kabupaten Badung Gusti Putu Ariawan dan seluruh Perbekel se-Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat kepada Pengurus Forum Komunikasi Perbekel se-Kabupaten Badung. Dengan kepengurusan yang baru ini diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah di kecamatan dan kabupaten.

Terkait TPST, Bupati mengimbau para Perbekel dalam anggaran perubahan 2019 desa harus mengeluarkan Perdes tentang tempat sampah di masing-masing desa dan setiap desa harus memiliki TPST. Selain itu nantinya akan dilaksanakan pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan sampah itu oleh Pemerintah sehingga TPST ini betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan, kepada desa-desa di Badung agar bisa seperti Desa Punggul yang sudah menjadi desa digital. Terlebih saat ini Kominfo sudah memasang sarana prasarana internet di masing-masing desa sehingga sangat mendukung bagi desa lain untuk beralih ke sistem digital.

Terkait dengan bedah rumah yang ada di masing-masing desa diharapkan tuntas tahun ini, para Perbekel harus melakukan inovasi adektif sehingga bisa memutuskan sesuatu yang ada di lingkungan desa itu sendiri. Juga diimbau kepada seluruh Perbekel dalam pembahasan APBD diharapkan belanja publik harus lebih besar dari pada pembelanjaan aparatur dan program-program yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten harus dilanjutkan di masing-masing Desa. “Desa harus bisa menunjukan before dan after apa yang sebelum dilakukan dan perubahan yang terjadi setelahnya kemudian disosialisasikan ke masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  Jalan Subak Sari Jebol Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lakukan Ini

Ketua Panitia Kadek Sukarma yang juga Perbekel Desa Punggul sekaligus Ketua Forum Komunikasi Perbekel terpilih melaporkan dalam pengukuhan Forum Komunikasi Perbekel Kabupaten Badung, susunan pengurus sebagai Penasehat adalah Bupati Badung, Wakil Penasehat Wakil Bupati Badung, Penanggung jawab Sekda Kabupaten Badung, dan wakil Penanggung jawab Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung. Pengurus Forum Komunikasi, Ketua Umum Kadek Sukarma, S. Kom, Wakil Ketua I I Made Karyana Yadnya, SE, Wakil Ketua II I Nyoman Artawan, Sekretaris Ida Bagus Bisma Wiratma,SH, Wakil Sekretaris I Nyoman Suarda, Bendahara I Ketut Sudarsana,SH, Wakil Bendahara I Gede Putu Arif Wiratya, S. Sos.

Kadek Sukarma juga menyampaikan atas nama Forum Perbekel Badung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin Bupati Giri Prasta dan Wabup Suiasa. Dikatakannya selama masa kepemimpinannya, Bupati sangat antusias dalam membantu serta mendukung segala kegiatan dan program pembangunan di Desa “Kami dibantu dan didukung sepenuhnya dalam hal ini anggaran untuk mewujudkan dan mengimplementasikan serta melaksanakan segala bidang program pembangunan di desa,” terangnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.