Belasan penyu hijau diamankan di Mapolsek Gianyar, Kamis (14/3). (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Jajaran Polres Gianyar mengamankan 13 penyu hijau di kawasan By Pass IB Mantra Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Rabu (13/3) malam sekitar pukul 23.00 Wita. Belasan penyu jenis celoniamydas ini ditemukan di dalam mobil Avanza DK 1472 QZ yang terparkir di pinggir jalan.

Belum diketahui siapa pemilik mobil tersebut. Sementara belasan penyu ini langsung diamankan ke Mapolres Gianyar.

Pantauan di Mapolres Gianyar, Kamis (14/3), sejumlah petugas KSDA dan mahasiswa kedokteran hewan Unud melakukan perawatan cepat terhadap belasan penyu tersebut. Perawatan itu dilakukan dengan memberi handuk basah pada tempurung atau karapas penyu.

Semua penyu ini juga dalam kondisi terikat pada bagian piper atau sirip penyu. “Penyu ini yang paling kecil diperkirakan usianya 30 tahun. Kalau yang besar bisa 50 tahun lebih,” ucap Polhut KSDA Gianyar, Nyoman Yasa ditemui di Mapolres.

Baca juga:  Bocah Tewas Tertimpa Pohon, Polisi Selidiki Dugaan Kelalaian

Belasan penyu ini selanjutnya dibawa ke penangkaran penyu di Serangan. Sementara penyelidikan lebih lanjut dilakukan oleh jajaran Sat Reskrim Polres Gianyar. “Masih kita lidik pelaku yang membawa penyu ini,” kata Kasat Reskrim Polres Gianyar AKP Deni Septiawan. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.