DENPASAR, BALIPOST.com – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya Polda Bali dan jajaran bersinergi dengan TNI, pecalang serta instansi terkait, mengamankan rangkaian hari raya Nyepi, terutama saat Pangerupukan. Untuk rangkaian perayaan Nyepi tahun ini dikerahkan 35 ribu personel di seluruh Bali.

“35 ribu personel tersebut terdiri dari TNI, Polri, pecalang dan instansi terkait lainnya. Kami mengimbau laksanakan hari raya Nyepi yang suci ini dengan khusuk dan fokus pada ibadah. Ikuti petunjuk dan aturan yang sudah digariskan oleh agama dan pemerintah,” ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, Selasa (5/3).

Kombes Hengky juga mengimbau bagi pengendara kendaraan supaya hati-hati di jalan raya mengingat kepadatan meningkat. Pengendara diminta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan gunakan helm.

Sedangkan dalam melaksanakan Pangerupukan khususnya pawai ogoh-ogoh, mantan Kabag Binkar Biro SDM Polda Bali ini meminta sesama peserta pawai saling menghormati. “Ingat, dalam rangka kegiatan keagamaan jangan minum minumaan keras. Jangan membawa senjata tajam,” tegasnya.

Termasuk, tidak membawa permasalahan pribadi saat Pangerupukan untuk balas dendam sehingga akan menimbulkan gangguan kamtibmas dan menciderai makna perayaan hari raya Nyepi. “Akan dilaksanakan lomba pawai ogoh-ogoh di Jalan Gatot Subroto dengan penilaian lebih ke aspek ketertiban, keamanan, selain dari seni ogoh-ogoh itu sendiri dan memperebutkan piala Kapolda Bali,” tandas Hengky.

Baca juga:  Presiden Jokowi Dikarunai Cucu Kedua

Sementara data jumlah personel Polri yang dikerahkan saat Pangerupukan bervariasi. Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol Nyoman Gatra, mengatakan pihaknya mengerahkan 1.002 personel Polresta dan polsek-polsek. Nantinya akan dibantu dari anggota TNI, pecalang dan instansi lainnya.

Sedangkan Polres Badung mengerahkan 143 anggota dan Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta mengatakan ada satu pleton anggota Brimob dilibatkan untuk mengaja keamanan.

Kasubbag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi, menyampaikan untuk menjaga keamanan wilayah Bali agar tetap kondusif dikerahkan 460 personel. Mereka disebar di beberapa wilayah dan di-back up instansi terkait termasuk TNI.

Sedangkan Kasubbag Humas Polres Klungkung AKP Gede Ardana menyampaikan, Polres Klungkung mengerahkan 380 personel untuk menjaga keamanan dan kondusivitas di wilayah Bumi Serombotan ini, termasuk di Kecamatan Nusa Penida.

Di wilayah Karangasem, Kasubbag Humas Polres Karangasem AKP Herson Djuanda menyampaikan dikerahkan 441 anggota. “Nanti akan di-back dari instansi lain diantaranya TNI, pecalang dan Satpol PP,” ungkap Herson.

Sementara untuk Polres Buleleng mengerahkan 686 personel, Polres Tabanan 542 personel, Polres Gianyar 997 personel dan Polres Jembrana 700 personel. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.