Sutradara film Bali: Beats of Paradise, Livi Zheng (kanan) saat berkunjung di Bali Post, Denpasar, Senin (18/2). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sutradara Indonesia yang bekerja di Amerika Serikat (AS), Livi Zheng, akhirnya merampungkan film tentang gamelan Bali yang berjudul “Bali: Beats of Paradise.” Film ini akan tayang di Indonesia pada Juli 2019. Demikian dikemukakan Livi yang berkunjung ke Kantor Bali Post, Senin (18/2).

Ia mengatakan perlu waktu setahun untuk merampungkan film yang mengangkat tentang kehidupan Nyoman Wenten dan istrinya, Nanik Wenten, seniman Bali yang tinggal di Amerika Serikat. Tidak hanya tentang kehidupannya di AS, film ini juga sempat syuting di Bali.

Livi yang berkarir di Hollywood ini mengutarakan film tentang gamelan Bali mendapat apresiasi luar biasa di AS. Tak hanya di AS, filmnya ini juga sempat ditayangkan di Filipina dan Korea Selatan. “Semoga apresiasi yang sama juga bisa diperoleh dari masyarakat Indonesia, khususnya Bali,” sebutnya.

Sebelumnya, film ini mendapat sambutan positif saat world premiere di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, Amerika Serikat. Bahkan, Walt Disney Animation Studios juga menyediakan tempat untuk menayangkan film ini. Penonton yang hadir, mulai dari produser film Moana sampai Head of Story Frozen.

Sejak awal keluar, film Bali: Beats of Paradise memang mampu menyedot perhatian sineas asal Negeri Paman Sam. Film ini mulai tayang di bioskop-bioskop Amerika pada November 16 2018. Sampai akhirnya mendapat undangan tayang di Walt Disney Animation Studios.

Baca juga:  Hadapi Tekanan Besar, Fungsi Hutan di Bali Berkurang 600 Ha Per Tahun

Di Walt Disney Animation Studios, penayangan dan sesi tanya jawab dihadiri langsung oleh Livi Zheng, composer gamelan Nyoman Wenten, dan Executive Producer Julia Gouw. Setelah penayangan film selesai, Livi Zheng, Nyoman Wenten dan Julia Gouw berdiskusi dengan tim kreatif Disney. Mereka berdiskusi tentang pembuatan film dan kebudayaan Indonesia hampir 2 jam.

Ia mengatakan “Bali: Beats of Paradise” mengisahkan perjalanan hidup Nyoman Wenten, seniman gamelan yang tinggal di Los Angeles. Wenten dikenal juga sebagai pengajar etnomusikologi di UCLA dan Herb Alpert School of Music, serta CalArts School of Music.

Film itu juga mengupas persinggungan Wenten dengan gamelan sejak kecil di Bali, yang membawanya melanglang buana. Nyoman Wenten kemudian bekerjasama juga dengan musisi Judith Hill yang sebelumnya kontestan The Voice dan pemenang Grammy-Award. Bersama Judith Hill, Nyoman Wenten menggabungkan gamelan dan tari Bali dengan musik funk dalam musik “Queen of the Hill”. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.