Dua bangunan suci di Pura Dalem Kahyangan Lingsir roboh. (BP/istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat disertai angin kencang, Kamis (24/1) mengakibatkan bale pesayuban dan sebuah pelinggih gedong di Pura Dalem Kahyangan Lingsir, Banjar Pengembungan Desa Pererenan, roboh. Musibah ini diperkirakan terjadi pukul 17.00 Wita.

Camat Mengwi, IGN Gede Jaya Saputra, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Hujan yang turun disertai angin kencang sejak siang hari mengakibatkan dua bangunan suci di Pura Dalem Kahyangan Lingsir roboh. “Kejadiannya sekitar pukul 17.00 Wita. Bencana ini akibat angin kecang yang membuat bale pesayuban dan gedong rusak,” ungkapnya.

Bencana serupa juga terjadi di Pura Pengulun Carik Subak Cemagi. Sebuah Bale Pesandekan di pura yang berlokasi di Banjar Dukuh Pandean, Desa Munggu, Mengwi, roboh. Kejadian ini telah mendapat atensi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung. “Tim kami yang bertugas di TRC Pos Mengwi sudah ke TKP (Tempat Kejadian Perkara). Semua anggota kami juga telah turun ke sejumlah lokasi bencana,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (BPBD) Badung, dr. Ni Nyoman Ermy Setiari.

Pihaknya berharap, penanggulangan bencana tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini BPBD Badung. Musibah tk terduga ini juga memerlukan bantuan masyarakat dan dunia usaha. “Kami harap jika memungkinkan maksimalkan penanganan secara mandiri di masing-masing wilayah mengingat musibah seperti pohon tumbang yang terjadi,” tegasnya.

Baca juga:  Pengungsi Gunung Agung di Badung Terus Meningkat

Berdasarakan catatan BPBD Badung, Kamis (24/1) sore bencana akibat cuaca ekstrem terjadi di Wilayah Kabupaten Badung. Di antaranya, pohon tumbang menutupi badan jalan di Jembatan Mambal, Banjar Gumasih, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, pohon tumbang menutupi badan jalan di Banjar Sobangan Tengah, Kecamatan Mengwi, pohon tumbang menutupi Jalan di Jalan Raya Lukluk Mengwi, Banjar Muncan, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, pohon tumbang menimpa atap sekolah di SD 4 Darmsaba, Banjar Telanga, Kecamatan Abiansemal, dan pohon tumbang menimpa Pura Beji, Banjar Gumasih, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal.

Terjadi juga peristiwa pohon tumbang menutupi badan jalan di Subak Sari, Gang Suku, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, bale pesayuban dan sebuah pelinggih gedong di Pura Dalem Kahyangan Lingsir, Banjar Pengembungan Desa Pererenan roboh. Bencana serupa juga terjadi di Pura Pengulun Carik Subak Cemagi. Sebuah Bale Pesandekan di pura yang berlokasi di Banjar Dukuh Pandean, Desa Munggu, Mengwi, roboh. Kejadian ini telah mendapat atensi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.