Secara kualitas, jalan-jalan di Bali memang tergolong bagus. Lebar jalan juga memadai. Namun, jika kita bicara keasrian dan keindahan jalan nyaris tak ada yang bisa dibanggakan.

Taman median di jalan-jalan protokol di Bali tak ada yang berkesan. Jauh dari kesan indah. Bahkan, terkesan asal-asalan. Pohon kembang kertasnya tak ada yang berbunga.

Jika kita lihat tayangan di TV, jalan-jalan di kota- kota lainnya sangat indah. Taman kotanya sejuk dan penuh bunga. Janganlah kita bicara Singapura yang jalannya bersih dan indah.

Baca juga:  Bupati Jembrana Tolak SPBU di Dekat TMP

Mungkin dengan Surabaya saja Bali kalah. Untuk itu, mohon agar pemerintah mempercantik wajah taman di jalan-jalan protokol.

Kalau studi banding para wakil rakyat jangan hanya urusan administrasi dan aturan. Sekali-sekali lakukan perbandingan dalam kenyamanan jalan raya. Bagi Bali, taman median jalan  indah itu penting agar saat macet kita tak sumpek.

Terlebih Bali menjadi tujuan wisatawan. Kesan nyaman di jalan juga harus dibangun. Anggaran studi banding mungkin bisa dialihkan sedikit untuk membeli tanaman bunga.

Baca juga:  Rapat Pansus Ranperda Parkir Bahas Ganti Rugi Kehilangan

Ni Komang Wirayanti

Buleleng, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *