Secara kualitas, jalan-jalan di Bali memang tergolong bagus. Lebar jalan juga memadai. Namun, jika kita bicara keasrian dan keindahan jalan nyaris tak ada yang bisa dibanggakan.

Taman median di jalan-jalan protokol di Bali tak ada yang berkesan. Jauh dari kesan indah. Bahkan, terkesan asal-asalan. Pohon kembang kertasnya tak ada yang berbunga.

Jika kita lihat tayangan di TV, jalan-jalan di kota- kota lainnya sangat indah. Taman kotanya sejuk dan penuh bunga. Janganlah kita bicara Singapura yang jalannya bersih dan indah.

Mungkin dengan Surabaya saja Bali kalah. Untuk itu, mohon agar pemerintah mempercantik wajah taman di jalan-jalan protokol.

Kalau studi banding para wakil rakyat jangan hanya urusan administrasi dan aturan. Sekali-sekali lakukan perbandingan dalam kenyamanan jalan raya. Bagi Bali, taman median jalan  indah itu penting agar saat macet kita tak sumpek.

Baca juga:  DLHK Denpasar Rancang Semua TPS ''Underground''

Terlebih Bali menjadi tujuan wisatawan. Kesan nyaman di jalan juga harus dibangun. Anggaran studi banding mungkin bisa dialihkan sedikit untuk membeli tanaman bunga.

Ni Komang Wirayanti

Buleleng, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.