I Nengah Tamba. (BP/rin)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rencana pembangunan bioskop di Kawasan Suci Besakih disambut positif Ketua Komisi III DPRD Bali, I Nengah Tamba. Apalagi, bioskop tersebut nantinya memutar film pendek tentang cikal bakal Pura Besakih.

Secara umum, ide penataan lewat Program Perlindungan Kawasan Suci Besakih termasuk pentingnya akses jalan ke Pura Besakih dinilai telah sejalan dengan pemikiran dewan selama ini. “Kami juga pernah bicara mengenai pentingnya akses jalan ke Pura Besakih, karena jangan sampai nanti setiap kali ada upacara besar justru kemacetan akan timbul,” ujarnya, Senin (31/12)

Tamba menambahkan, di kiri dan kanan jalan harus dijaga kebersihan dan keindahannya. Terutama di jalan-jalan nasional.

Tidak hanya akses jalan nasional menuju ke Pura Besakih, tapi juga seluruh jalan di Bali. Seperti misalnya di By Pass Ida Bagus Mantra, pohon-pohon yang ada di tengah jalan mesti dibuat cantik dan indah. “Beri nuansa baru, jangan seperti sekarang kemana tujuan pohon itu? Apa hanya sekedar hijau. Tapi sekalian kita anggarkan buat yang bagus,” imbuhnya.

Baca juga:  Bendungan Terbesar di Bali

Mengenai ide membangun bioskop, Tamba pun menilai penting untuk segera direalisasikan. Sebab, wisatawan yang berkunjung ke Besakih memang harus mengetahui Pura Besakih secara utuh sebelum mereka berkeliling melihat Pura.

Oleh karena itu, para wisatawan terlebih dahulu harus masuk ke bioskop untuk menyaksikan semacam film pendek tentang cikal bakal Pura Besakih dengan durasi sekitar 30 menit. “Padat tapi betul-betul berisi, menyajikan cikal bakal apa sih Besakih itu, apa sih upacara Hindu itu. Itu akan menjadikan spirit juga mentransfer bahwa wisatawan itu tahu persis ini lho Besakih. Itu menjadi daya tarik tersendiri dan kita harapkan sekali itu terjadi,” papar Politisi Partai Demokrat ini. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.