Pangdam IX/Udayana menanam pohon di areal Pura Lempuyang. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Wujud kepedulian Kodam IX/Udayana kepada alam, Selasa (11/12), dilaksanakan penghijauan di areal Pura Lempuyang, Karangasem. Personel Kodam bersinergi dengan masyarakat dan instansi terkait menanam cempaka dan majegau, masing-masing seribu bibit pohon. Kegiatan ini dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G. dalam siaran persnya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan menjelang peringatan Hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 15 Desember mendatang. Selain penghijauan, pihaknya juga melaksanakan pengobatan umum, pemeriksaan dan pengobatan gigi, pemeriksaan mata, donor darah, tes IVA dan penyuluhan dengan materi kesehatan.

Selain itu ada medical check up serta sosialisasi penerimaan anggota TNI yang dipusatkan di lapangan parkir Pura Lempuyang. “Kami juga membersihkan lingkungan di areal Pura Luhur Lempuyang. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan sekitar 2 ribu orang dari satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Polres Karangasem, PMI, pelajar SMA/SMK Karangasem dan masyarakat Dusun Purwayu, Desa Tribuana, Karangasem,” ungkapnya.

Baca juga:  Amankan IMF-WB Annual Meeting, Polda 3 Wilayah Terjauh dari Bali Ini Dilibatkan

Menurut Kapendam, Pangdam dalam sambutannya menyampaikan pemilihan areal Pura Luhur Lempuyang sebagai sasaran penghijauan dan pembersihan karena sangat subur dan sering terjadi tanah longsor. Dengan adanya penghijauan ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan sehingga tidak mudah longsor. Sekaligus mempertahankan ketersediaan air bawah tanah di daerah ini.

Untuk jangka panjang, penghijauan ini selain dapat menghambat terjadinya pemanasan global, juga menambah keindahan dan keasrian pemandangan sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Karangasem. Manfaat penanaman pohon ini memang tidak dapat dirasakan saat ini.

Namun dalam jangka panjang manfaatnya akan sangat terasa untuk kelestarian lingkungan dan sekaligus sudah mendukung program pemerintah dalam gerakan kampanye Indonesia Hijau Berseri (bersih, sehat, rapi dan indah). (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.