DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan personel bersenjata lengkap dari Satbrimob, Ditpolairud dan Ditsabhara Polda Bali berkumpul di Lapangan Iptu Soetarjo, Satbrimob Polda Bali, Tohpati, Denpasar Timur, Selasa (11/12). Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengumpulkan mereka dalam rangka apel gelar pasukan praoperasi Lilin 2018 untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Sebelum memberi arahan, Kapolda melakukan pemeriksaan pasukan, persenjataan dan kendaraan taktis. Acara ini juga dimeriahkan yel-yel dari masing-masing satuan.
“Gelar pasukan ini saya lakukan praoperasi Lilin. Saya melihat ini adalah kekuatan pasukan baik dari Brimob, Sabhara dan Polairud. Kita menyiapkan ini dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru. Bagi saya juga menyiapkan pasukan dalam menyambut pesta demokrasi 2019,” tegasnya.

Hasil pengecekan secara umum, menurutnya sudah baik, peralatan juga lumayan. “Sekarang kita punya dapur (mobile) dibeli dari DIPA, APBN. Sehingga pergeseran pasukan punya dapur sendiri seperti kantin,” ungkap Golose.

Ia menegaskan pihaknya siap menjaga dan mengamankan Bali serta menyukseskan Pesta Demoraksi 2019. Menurut Golose, peningkatan arus turis ke Bali harus dijaga. Walaupun ada bencana yaitu Gunung Agung, Lombok dan Palu.

Baca juga:  Cabut Laporan, Kasus Diana Tetap Diproses

Namun kunjungan turis tetap tinggi dengan adanya keamanan yang baik di Bali. “Bagaimana masyarakat membantu aparat, kemudian kita lihat secara kasat mata tidak ada organize crime yang berani beroperasi,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya berupaya menumbuhkan kepercayaan kepada turis, sehingga hotel, tempat hiburan dan sebagainya mendapat kenaikan dan bagus dalam perspektif orang asing.
Tentunya nanti, ia perintah juga melakukan penebalan pasukan baik Gilimanuk, Padangbai, Benoa dan tempat-tempat lain. “Saya perintahkan besok Dirpolair, Dirsabhara, Kasatbrimob dan Kapolresta Denpasar mengecek jalur-jalur, baik masuk maupun keluar,” ungkapnya.

Ini upaya antisipasi sebelum nantinya terjadi pergerakan daripada turis yang lewat darat, laut dan udara. Seperti upaya antisipasi tahun-tahun sebelumnya. “Saya rasa sudah siap sehingga sebelum Operasi Lilin digelar, kita sudah melaksanan prakondisi. Untuk pasukan siap saat Natal dan tahun baru,” tandasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.