Penyerahan penghargaan Natamukti diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga. (BP/adv)

KABUPATEN Klungkung mendapat Penghargaan Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan karena Klungkung di nilai berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

Penghargaan Natamukti diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga pada acara penganugerahan penghargaan ICSB Indonesia City Award 2018 di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (15/11).

Bupati Kungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan penghargaan ini adalah merupakan penghargaan yang diraih dari penilaian yang dilakukan oleh tim independent. Dengan didapatnya penghargaan ini akan menjadi penyemangat dalam melakukan kepedulian terhadap UMKM yang merupakan pondasi ekonomi.

Baca juga:  PDAM Denpasar Instruksikan Pegawai Tak Pungli

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini kita akan lebih semangat lagi melakukan kepedulian terhadap UMKM. Ini merupakan pondasi ekonomi, karena dalam situasi apapun koperasi dan UMKM tetap bisa bertahan,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati yang sebelumnya malang melintang di dunia perkoperasian ini, menyatakan di tengah persaingan dan serbuan para pengusaha-pengusaha dari luar, masyarakat atau pelaku UMKM di Klungkung harus bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Sehingga saat berkompetisi nanti tidak berbicara dari mana, tetapi siapa yang kuat, siapa yang mampu bertahan dan siapa yang inovatif itu yang akan mampu menang dalam persaingan.

Baca juga:  Kapolda Sebut Penanganan Korupsi Banyak Hambatan

“Tentu dengan koperasi dan UMKM ini masyarakat Klungkung bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri di tengah persaingan atau serbuan pengusaha-pengusaha dari luar,” jelasnya.

Disamping itu, tambah Bupati Suwirta, bentuk perhatian pemerintah terhadap UMKM di Klungkung tidak hanya dalam bentuk sarana prasarana saja, tetapi bantuan anggaran. “Selain prasarana, anggaran juga kita bantu, seperti pasar, koperasi, KUD kita juga bantu permodalan dan prasarana,” imbuhnya.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, A.A Gede Ngurah Puspayoga menyatakan pemberian penghargaan yang dirangkaikan dengan Gebyar UKM Tahun 2018 sangat strategis untuk kewirausahaan. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat. Meningkatknya pertumbuhan ekonomi ini harus dikejar dengan kesejahteraan masyarakat. “Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi harus ada pemerataan kesejahteraan,” ujar Menkop UKM Puspayoga.

Baca juga:  Kehilangan Kaki Pasca Kecelakaan, Bupati Suwirta Bangun Semangat Hidup Agus Budiarta

Sebelumnya, Presiden ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan ICSB adalah sebuah organisasi nirlaba Internasional yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia. Di Indonesia, UMKM sebagai penggerak roda perekonomian utama saat ini menjadi perhatian pemerintah dan lembaga Internasional. Peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal.

“ICSB Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti, sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing,” ujarnya. (adv/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *