John Kerry bersama Susi Pudjiastuti. (BP/rin)

 

MANGUPURA, BALIPOST.com –  Founder Our Ocean Conference (OOC), John Kerry mengapresiasi komitmen Indonesia dalam menjaga kelestarian lingkungan laut. Terutama dengan adanya perubahan iklim yang sangat drastis, tentunya sangat berdampak pada kondisi lautan pada saat ini.

“Kebijakan Menteri Susi sangat baik dalam pelestarian dan konservasi kelautan. Belum lagi kehadiran Presiden Joko widodo menunjukan bahwa Indonesia berkomitmen penuh untuk menjaga kelestarian laut. Komitmen Indonesia ini sangat diapresiasi oleh seluruh dunia,” ujar Kerry didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Senin (29/10).
Menurut Kerry, hal yang paling mengundang perhatian dunia adalah bagaimana Indonesia memberlakukan hukuman yang sangat keras. Terutama bagi mereka yang melanggar zona laut yang ada dan melakukan kegiatan seperti illegal fishing. Pelanggaran hukum seperti ini banyak terjadi di seluruh dunia. Tapi banyak negara di dunia tidak mau tahu tentang illegal fishing ini. Penegakan hukum seperti di Indonesia sangat perlu untuk dilakukan.

Baca juga:  Buka OOC, Jokowi Baca Puisi Tentang Ini

“Selain itu, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan nelayan untuk menjaga kelestarian laut yang nantinya akan menjaga juga kelangsungan jumlah ikan di lautan,” imbuhnya.
Jika jumlah tangkapan bisa dijaga, lanjut Kerry, maka ekonomi di daerah pesisir akan mampu meningkat. Sangat banyak pekerjaan yang terkait dengan zona pesisir saat ini seperti nelayan, pedagang ikan, dan lainnya. Jika keberlangsungan tangkapan ikan di laut bisa dijaga, maka banyak pekerjaan pula yang bisa dijaga.
“Oleh karena itu, kita harus mengajak semua negara untuk berkomitmen menjaga laut dengan segala cara. Baik dengan perjanjian ataupun dengan hal lain. Pemikirian inilah yang membuat saya memulai OOC 5 tahun yang lalu,” pungkasnya.(rindra/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.