Anggota komisioner KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna menunjukkan tahapan Pileg di Kantor KPU Gianyar. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Ni Luh Putu Reika Chrisyanti SE dan I Putu Agus Tirta Suguna kembali menjabat sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar priode 2018-2013. Dua petahana ini berhasil menduduk puncak teratas, dengan Reika, berhasil menduduki nilai tertinggi disusul I Putu Agus Tirta Suguna.

Ditemui di kantor KPU Gianyar, Reika mengaku selalu optimis untuk bisa kembali dipercaya menjabat. Perempuan asa Banjar Junjungan Kelurahan Ubud ini memantapkan diri terjun di dunia politik sejak 5 tahun terakhir.

Alasannya, karena keterwakilan perempuan masih minim untuk berkiprah sebagai penyelenggara pemilu. “Baru 5 tahun terakhir saya terjun, sebelumnya saya bekerja di swasta,” ujar Sarjana Ekonomi lulusan Stiekn Jayanegara, Malang Jawa Timur ini.

Mengenai peluangnya sebagai Ketua KPU Gianyar, mengingat di posisi teratas, Perempuan kelahiran 4 Februari 1976 mengaku biasa saja. “Nanti keputusan bersama. Siapapun yang jadi ketua, pasti yang terbaik,” jelasnya.

Dikatakan, tugas sebagai komisioner KPU Gianyar telah menanti. Terlebih tahun 2019 akan diselenggarakan Pileg dan Pilpres. Bahkan, sebagian tahapannya kini sedang berjalan.

Terpenting baginya, pelaksanaan Pileg harus kondusif sebab Gianyar merupakan daerah wisata. Meski sendiri perempuan, bagi alumni SMAN 1 Mataram ini adalah hal biasa. “Gak masalah sendiri, temen-temen di PPK kan cukup banyak juga perempuan,” ujarnya.

Sementara incumbent Agus Tirta Suguna yang juga berpeluang sebagai Ketua juga mengatakan masih akan berembug. Komisioner asal Banjar Kederi, Desa Singapadu Kaler ini berharap siapapun menjadi ketua, adalah mereka yang lebih paham dan mengetahui kinerja KPU serta memiliki cara berkomunikasi dengan stakeholders, sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik. “Pertama, kami berlima tentu harus mempertahankan kinerja komisioner sebelumnya agar yang sudah berjalan dapat dilanjutkan secara aman, kondusif dan damai,” ujarnya.

Baca juga:  8 Januari, Dua Paslon Pilkada Klungkung akan Daftar ke KPU

Pemilihan Ketua diagendakan akan berlangsung Selasa (16/10) hari ini setelah pelantikan di KPU RI, Jakarta. Selain pemilihan ketua, 5 komisioner ini akan langsung bagi-bagi tugas. “Akan kami bicarakan pembagian divisi dan pembagian korwil,” jelasnya.

Sesuai surat keputusan KPU RI, kata Agus Tirta Suguna seorang Ketua KPU sekaligus juga membidangi Divisi Keuangan, Umum dan Logistik. Selebihnya, akan ditentukan komisioner pada divisi Program dan Data; Divisi Hukum dan Pengawasan; Divisi Teknis; serta Divisi SDM dan Informasi Masyarakat.

Sekaligus, kelima komisioner ini akan ditugaskan sebagai koodinator wilayah (korwil). “Ada 5 korwil, yakni Gianyar, Blahbatuh dan Tampaksiring, Ubud, Sukawati, serta Payangan dan Tegallalang,” jelasnya.

Dikatakan pula, setelah dilantik hari ini komisioner baru akan langsung bertugas. Agenda perdana, pihaknya mengaku akan melakukan konsolidasi internal dan eksternal. “Karena ada 3 wajah baru, kami akan lakukan pengenalan atau konsolidasi internal, dengan sekretariat, dengan penyelenggara PPK dan PPS. Lalu konsolidasi eksternal dengan stakeholder, audensi dengan Pemda, kepolisian, TNI dan Bawaslu,” tandasnya.

Sementara itu newcomer yang terpilih sebagai komisioner KPU, yakni  I Wayan Mura SH yang mantan Ketua PPK Kecamatan Payangan, AA Gde Agung Eka Putra yang pernah sebagai PPK Kecamatan Gianyar, serta I Komang Endra Gunawan, S.T, pemuda asal Kecamatan Tampaksiring. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.