JAKARTA, BALIPOST.com – Tim kampanye nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaporan dana awal kampanye. “Kami sampaikan bahwa tim kampanye pasangan Jokowi Ma’aruf punya komitmen untuk meningkatkan kualitas demokrasi kita. Yang ditandai dengan transparansi pengelolaan keuangan dana kampanye. Sehingga sesuai dengan UU Pemilu dan peraturan KPU maka pada hari ini kami memberikan laporan awal rekening khusus dana kampanye dan ini dilakukan di seluruh tingkatan,” ujar Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Sabtu (22/9).

Hasto menjelaskan sampai saat ini TKN Jokowi-Ma’ruf Amin sudah membuka rekening dana kampanye di tingkat provinsi, kabupaten dan kota dengan saldo total dana awal kampanye sebesar 11,9 miliar terhitung sejak 20-22 September 2018. “Kami sudah buka rekening di tingkat nasional, provinsi dan seluruh kabupaten/kota rekening sudah siap kami laporkan hari ini,” ujar Hasto.

Baca juga:  Menjaga Magnet Pesta Demokrasi

Adapun total dana yang terkumpul berasal dari kas rekening khusus sebesar 8,5 miliar, berupa barang 3,4 miliar dan sisanya adalah kas dari tim kampanye.
Ia menyebutkan pemasukan terbanyak berasal dari sumbangan partai politik dan perusahaan yang sesuai dengan ketentuan Undang-undang. “Ini tentu saja kita kedepankan partisipasi dari seluruh parpol relawan kemudian juga bantuan dari masyarakat Sesuai ketentuan KPU,” ujarnya.

“Orang per orang dan juga korporasi itu juga diizinkan sesuai ketentuan UU maksimum 25 miliar sedangkan orang per orang maksimum 2,5 miliar. Semua ketentuan terkait NPWP kami penuhi,” tegas Hasto. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.