SINGARAJA, BALIPOST.com – VW Kombi terpanjang milik Alumni SLUA 1 Saraswati Denpasar memang unik. Saat dipajang di Lapangan Bhuana Patra, Singaraja dalam rangka Jambore Nasional (Jamnas) VW Indonesia ke-49, mobil yang berisi tulisan “Lombok Bangkit” ini banyak dilihat pengunjung.

Total ada sekitar 600 unit mobil VW berbagai jenis ini yang dipamerkan serangkaian Jamnas ini. Dari ratusan mobil VW dari 81 klub VW di Tanah Air itu, VW combi terpanjang memang beda. Mobil VW combi ini menyita perhatian pengunjung karena bodinya paling panjang di kelasnya.

Mobil ini pun menggunakan roda belakang enam buah dan roda depan dua buah. Total mobil ini menggunakan delapan roda.

Mobil Alumni SLUA 1 Saraswati ini keluar sebagai juara dalam kontes di Jamnas. Selain VW terpanjang sekitar 7 meter ini, ada dua VW lain juga milik alumni SLUA 1 Saraswati yang memenangi kontes. Keduanya adalah VW terpendek dan VW Brazil dengan menunjukkan desain originalitasnya.

Gusti Putu Tama Wijaya bersama rekannya Made Sudarma menjelaskan, bodi mobil yang panjang menyulitkan untuk menyusuri medan yang berkelok. Hanya sesekali saja kalau ada even, mobil ini dibawa ke jalanan.

Meski sering diparkir, mobil ini rutin mendapat perawatan hingga servis berkala. Ini untuk menjaga kondisi mesin agar tetap terawat maupun cat bodi yang tidak mudah luntur. “Paling pakai jalanan lebar dan lurus kalau berkelok jelas tidak bisa. Lebih sering diparkir di garasi saja, dan rawat cat atau ganti oli, sehingga mesin tetap kondisi baik,” jelasnya.

Terkait hasil kontes, ia mengaku senang dan tidak menyangka kalau mobil yang bertahn-tahun diurusnya itu keluar sebagai juara. Prestasi yang diraih dalam Jamnas tahun ini dijadikan motivasi dan terus menambah pengalaman untuk bisa merawat mobil tua agar tetap nyaman digunakan. “Pokoknya senang dan juara ini buat pengalaman untuk bisa mengikuti even setelah ini,” jelasny diiyakan Made Sudarma.

Baca juga:  Terbakar, Gudang Kardus dan Mobil Ludes

Ia mengatakan panjangnya VW ini lebih dari 7 meter. VW Combi rakitan 1977 ini memiliki ruang luas, karena kapasitas penumpangnya mencapai 20 orang.

Ruang yang luas membuat mobil ini bisa difungsikan sebagai ruang tamu rumah atau seperti ruang rapat kecil. Lengkap dengan meja dan kursi.

Mobil VW ini berhasil drancang berkat keahlian salah seorang alumni. Ia juga yang merancang penampilan mobil VW antik ini tanpa menghilangkan desain aslinya.

Dikatakannya, VW Combi ini dibuat dengan menggabungkan tiga unit VW. Ketiga mobil itu bagian mesinnya terpaksa dipensiunkan, hanya dipadukan bodi dan bagian kaki-kaki nya.

Sementara mesin mobil VW ini menggunakan mesin SJ-7. Mesin ini keluaran pabrikan luar negeri yang khusus digunakan untuk menjajal track off-road maupun ajang race.

Keputusan mengganti mesin karena bodi mobil yang panjang dan kapasitas angkut hingga 20 orang membutuhkan kemampuan mesin handal. “Aslinya tiga mobil VW Combi dan itu milik alumni. Kemudian dirancang juga oleh alumni dan dikerjakan seitar 1,5 bulan. Yang mengerjakan bengkel rumahan, sehingga mobil ini kebanggaan alumni yang merancang mobil antik namun memiliki tenaga setara dengan 4.000 CC,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.