Bambang Soesatyo. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – DPR saat ini dinilai lebih terbuka dalam menjalankan tiga fungsi kedewanan yaitu fungsi anggaran, fungsi legislasi dan fungsi pengawasan. Peran Ketua DPR Bambang Soesatyo yang sangat aktif dalam menyampaikan kegiatan-kegiatannya melalui media sosial dan sarana publikasi lainnya dinilai efektif menjadikan DPR lebih terbuka kepada masyarakat.

Kondisi ini berdasarkan hasil survei bertema ‘DPR Terima Rapor’ di Jakarta Selasa (28/8). Dari hasil fungsi pengawasan, sebanyak 32,3% dari merasa bahwa DPR telah bekerja dengan baik dalam memantau kebijakan-kebijakan yang dibuat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Saya rasa, dari angka tersebut dapat disimpulkan kalau sikap DPR sudah lebih terbuka pada rakyat. Makanya, rakyat bisa memberikan penilaian seperti itu,” jelas Muslimin Tanja, Manajer Riset Charta Politika saat memaparkan hasi risetnya.

Keterbukaan tersebut juga terlihat dari 38,8% peserta survei yang berpendapat bahwa memang DPR sekarang sudah lebih terbuka dari periode sebelumnya. Ditambah lagi, sekarang ini bisa dibilang lebih mudah meninjau pekerjaan mereka berkat bantuan kemajuan teknologi.

Contohnya, akun Twitter @WikiDPR bisa menjadi salah satu alat memantau bagi para rakyat. Ditambah lagi, menjamurnya media online juga memberikan kemudahan bagi para anggota DPR untuk menyalurkan informasi pada masyakarat. “Makanya, tidak heran kalau banyak rakyat yang bisa menyerap informasi dengan lebih mudah dan menilai bahwa DPR sekarang menjadi lebih terbuka,” kata Muslimin.

Baca juga:  Perpres Bebas Visa Kunjungan Dievaluasi

Kemajuan penilaian terhadap imej DPR di mata publik, dinilai sangat berkaitan dengan keberadaan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR, menggantikan Setya Novanto yang sekarang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Dilantik pada Januari 2018, Bamsoet, sapaan akrabnya, bisa dibilang cukup sering disorot media sehingga publik pun cukup familiar dengan nama tersebut.

Ini bisa dibuktikan dari 26,5% responden yang menjawab dengan benar ketika ditanya siapa nama ketua DPR sekarang. “Di bawah kepemimpinan Bamsoet, publik pun menilai bahwa kerja DPR mengalami perbaikan. Sebesar 39,5% dari jumlah peserta mengakui hal tersebut,” imbuh Muslimin.

Ketua DPR Bambang Soesatyo yang hadir dalam acara tersebut mengaku terkejut dan senang dengan capaian DPR di bawah kepemimpinannya. “Tentunya saya merasa senang dengan hasil tersebut. Itu bisa membuktikan kalau kami itu, mulai memiliki citra yang lebih baik di mata masyarakat,” ungkap Bamsoet merespon hasil survei ini. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.