Anggota Paldam IX/Udayana menggelar aksi donor darah. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak sedikit pasien kesulitan mencari darah, karena stoknya terbatas. Menyikapi hal tersebut, Peralatan Kodam (Paldam) IX/Udayana menggelar donor darah, Rabu (4/7), di Rumah Sakit Umum Bali Mandara, Denpasar.

Selain kegiatan tersebut juga dalam rangka menyongsong HUT ke-72 Corp Peralatan TNI Angkatan Darat pada 10 Juli 2018. Kegiatan tersebut diprakarsai Kapaldam IX/Udayana Kolonel Cpl Ir. Tommy Mukti Widyastomo, bekerja sama dengan PMI Cabang Provinsi Bali. Kegiatan tersebut melibatkan 150 anggota Paldam IX/Udayana dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 4 Paldam.

Kapaldam menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud partisipasi anggotanya kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah. Selanjutnya darah yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Cabang Provinsi Bali. Harapannya agar dapat membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah, mengingat demikian pentingnya setetes darah dalam menyelamatkan kehidupan seseorang. “Dengan sumbangan darah ini setidaknya dapat membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah,” ujarnya.

Baca juga:  Sambut Hari Kemerdekaan, Aqua Gelar Donor Darah

Selain lain kegiatan kemanusiaan, Paldam juga melakukan karya bakti yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat dilaksanakan bersama secara bergotong-royong.
“Inilah sebagai salah satu ciri prajurit yang profesional senantiasa menyatu dan manunggal dengan rakyatnya. Karena pada hakekatnya rakyat adalah ibu kandung dari prajurit yang besar dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan demi kepentingan rakyat. Komitmen seperti ini senantiasa ditegakkan oleh TNI, termasuk prajurit Korp Peralatan dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujar Kolonel Tommy, Kamis (5/7).

Disamping itu, manfaat yang diperoleh dalam pelaksanaan donor darah ini adalah dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan mengamankan stok darah di PMI. Selain itu, pendonor juga banyak manfaat positif yang diperoleh bila melaksanakan donor secara teratur, antara lain dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk kesehatan. (kerta negara/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.