JAKARTA, BALIPOST.com – Kemenpar bekerjasama dengan John Martin, yacht rally organizer dari New Zealand menyelenggarakan internasional yacht rally bertajuk Wonderful Sail To Indonesia 2018. “Event ini akan menjadi branding wisata layar yang prestisius bagi Indonesia di tingkat dunia, yang diikuti 120 yacht (kapal layar) dari 15 negara,” kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Dwisuryo Indroyono Soesilo di Jakarta, Senin (25/6).

Menurut Indroyono, Indonesia telah memiliki branding wisata layar yang prestisius yaitu Wonderful Sail To Indonesia yang terdiri dari 5 reli layar dunia yakni Wonderful Sail Anambas To Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back To Down Under Rally, Wonderful Sail2Indonesia, dan Wonderful Sail Indonesia.

Baca juga:  Hadiri Dialog Kadin, Ini Solusi Ganjar Atasi Enggannya Anak Muda Bertani

Indroyono menjelaskan, Wonderful Sail To Indonesia 2018 merupakan wisata layar yang prestisius karena reli layar ini memakan waktu terlama yakni berlangsung selama 5 bulan dari Juni hingga November 2018 yang melintasi sepanjang 7.000 km perairan nusantara. “Reli layar ini juga terbesar karena diikuti 120 kapal layar dari 15 negara dengan menyinggahi 53 destinasi di wilayah perairan Indonesia,” kata Indroyono.

Penyelenggaraan event Wonderful Sail To Indonesia 2018, kata Indroyono, untuk mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia yang tidak hanya sebagai lintasan kapal-kapal saja, namun menjadi destinasi wisata layar terbesar di dunia, salah satunya melalui kapal-kapal layar internasional. “Event ini juga sebagai momentum untuk mempromosikan bahwa Indonesia memiliki regulasi (Perpres RI Nomor 79/ 2011, diubah dengan Perpres No 180/ 2014 dan disempurnakan menjadi Perpres No. 105/ 2015) yang memberikan kemudahan masuknya kunjungan kapa wisata yacht asing ke Indonesia,” kata Indroyono.

Baca juga:  Wonderful Indonesia Gelar Consumer Selling di Dua Mall Besar Tiongkok

Sementara itu untuk reli layar Wonderful Sail Indonesia (WSI 2018) yang diikuti 120 yachts akan mengambil start dari Darwin dan Cairns, Australia dan akan masuk ke Indonesia melalui entry port di Kupang pada 1 Agustus 2018. Reli ini akan berlangsung pada 1 Agustus hingga 6 Nopember 2018.

Indonesia telah banyak menyelenggarakan event sail atau reli yacht internasional di antaranya; Sail Bunaken (2009), Sail Banda (2010) Sail Wakatobi Belitong (2011), Sail Morotai (2013), Sail Komodo (2014), Sail Raja Ampat (2015), Sail Karimata (2017), Sail Sabang (2017). Sementara pada tahun 2018 ini diselenggarakan Sail Moyo –Tambora 2018, Darwin – Ambon Yacht Race, Sail Maluku, maupun Sail Saumlaki .

Baca juga:  Pos Retribusi di Jalur Penelokan-Kedisan akan Diaktifkan Kembali

Kemenpar menetapkan wisata bahari sebagai salah satu produk wisata unggulan yang akan memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Wisata bahari diharapkan akan memberikan kontribusi sebanyak 4 juta wisman dari target 20 juta kunjungan wisman pada 2019. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *