Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail. (BP/ken)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Mangupura-Even internasional Bhayangkara Bali Run 2018 diselenggarakan Sabtu (23/6) dan diikuti sekitar 5 ribu peserta dari 22 negara. Berbagai persiapan telah dilakukan termasuk pengamanan rute. Apalagi kegiatan tersebut bersamaan dengan pengamanan Pesta Kesinian Bali (PKB) yang rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo.

Terkait kegiatan ini, Satlantas Polresta Denpasar mempersiapkan mengamankan jalur yang akan dilalui ribuan pelari dalam dan luar negeri. “Karena ada beberapa kegiatan pengamanan, kami akan memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas,” kata Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail, Kamis (21/6).

Menurut Rahmawaty, pihaknya bersama dengan Ditlantas Polda Bali akan berupaya maksimal mungkin mengamankan rute yang akan dilalui. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di Kuta, terutama yang mengendarai kendaraan bermotor selama berlangsungnya kegiatan tersebut,” pintanya.

Meski diikuti ribuan pelari, kata mantan Kapolsek Kota Tabanan ini, tidak ada penutupan jalan total, terutama di Jalan By-pass Ngurah Rai, Kuta. Teknisnya, ada jalur untuk pelari dan kendaraan. Tujuannya agar tidak mengakibatkan kemacetan parah. Nantinya akan diberlakukan sistem buka tutup arus lalin. Untuk kendaraan yang masuk Kuta akan dialihkan ke jalur yang ditentukan, sedangkan kendaraan yang keluar akan diberikan jalur prioritas. Ia juga mengimbau kepada pengelola hotel agar ikut menyosialisasikan kepada tamunya terkait kegiatan tersebut.

Baca juga:  Anggota Dikabarkan Kena OTT Pungli SIM, Kapolresta Tunggu Konfirmasi Mabes Polri  

Rahmawaty mengatakan, Bhayangkara Bali Run 2018 dilaksanakan mulai pukul 05.00 hingga 10.00 Wita. Rutenya yaitu untuk katagori 5K, start Pantai kuta – Jalan Melasti – Jalan Batu Pageh- Jalan Legian-Jala Merpati dan finish Pantai Kuta. Sedangkan untuk 10K, start Pantai Kuta-Jalan Melasti-Jalan Batu Pageh-Jalan Raya Kuta-Jalan Kalianget-Jalan Kubuanyar-Jalan Bakungsari dan finish Pantai Kuta. Katagori 21,1K, start Pantai Kuta-Jalan Legian Utara-Jalan Kunti-Jalan Sunset Road-Jalan By-pas Ngurah Rai-bundaran Patung Ngurah Rai-Jalan Airport Bandara Ngurah Rai-Jalan Kemayoran-Jalan Kartika Plaza dan finish Pantai Kuta.

Sehubungan pengamanan dan kelancaran di jalur tersebut, diimbau kepada seluruh pengguna jalan hususnya jalur dilintasi pelari agar menggunakan jalur alternatif, bagi wisatawan dan masyarakat yang beraktivitas, berkepentingan di wilayah Kuta pada jam tersebut, diharapkan bisa menghindari atau mengatur waktunya dengan baik, terutama yang akan menuju bandara sehingga tidak ketinggalan pesawat. “Kami juga mempersiapkan kantong parkir yaitu di Central Parkir Kuta, sepanjang Pantai Kuta, areal parkir Bali Anggrek Kuta, parkir Beach Walk dan Pasar Seni Legian. Kami mengimbau agar tidak memarkir kendaraannya pada pelintasan jalur pelari karena disterilkan. Tidak ada penutupan total kecuali di Jalan Legian dan Pantai Kuta yang sifatnya situasional,” tegasnya.(kerta negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.