Pos pemeriksaan II digeser ke luar Pelabuhan Gilimanuk untuk mengintensifkan pemeriksaan pendatang yang masuk ke Bali. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Semakin membludaknya kendaraan pemudik yang masuk ke Bali, mengharuskan Pos II yang berada di pintu keluar Pelabuhan digeser lebih jauh. Tepatnya di jalan keluar antara Taman Patung Siwa dan Terminal Gilimanuk atau Pos Pemeriksan KTP.

Sejak Selasa (19/6), tenda untuk peneduh para petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP telah dipasang di tengah jalan tersebut. Semua kendaraan roda dua (sepeda motor) yang keluar dari Pelabuhan diperiksa di lokasi tersebut baik surat-surat, kendaraan maupun barang.

Sedangkan kendaraan kecil (KK) atau mobil serta bus umum diarahkan masuk ke Terminal Gilimanuk. Di sini petugas gabungan melakukan pemeriksaan untuk KK yang masuk.

Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M. Didik Wiratmoko mengatakan digesernya pos II yang sebelumnya berada di areal  Pelabuhan Gilimanuk untuk mengurai kemacetan di dalam pelabuhan. Sebab, selama arus balik ini kendaraan yang masuk atau bongkaran dari kapal akan lebih banyak.

Sementara pemeriksaan lebih diperketat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. “Agar tidak mengganggu di dalam areal pelabuhan karena juga semakin padat,” terangnya.

Baca juga:  Gempabumi 6,9 SR, 2 Meninggal dan Puluhan Rumah Rusak Berat

Menurutnya dari jumlah 400 personil yang dikerahkan di Gilimanuk kini dibagi, masing-masing 200 orang di pintu masuk dan pintu keluar.

Pasalnya, arus kendaraan yang keluar dan masuk juga sama-sama padat. Di pintu masuk Pelabuhan (keluar Bali), didominasi KK wisatawan domestik yang usai berlibur di Bali. Sedangkan di pintu keluar Pelabuhan para pemudik yang kembali ke Pulau Bali.

“Untuk truk kita arahkan lurus langsung, sedangkan sepeda motor di pos II yang digeser. Dan KK masuk ke Terminal Gilimanuk,” terangnya.

Sehingga pemeriksaan dilakukan secara bersama-sama atau terpadu sesuai tupoksi masing-masing. Misalnya untuk Satpol PP pemeriksaan KTP, kepolisian dan TNI surat-surat kelengkapan berkendara serta barang bawaan.

Sementara itu dari pengamatan kemarin arus yang masuk ke Bali mulai padat. Sejumlah kapal yang bersandar dipenuhi kendaraan baik R2 maupun R4. Sementara untuk truk masih belum terlihat padat. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.