TABANAN, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot mengalami peningkatan selama libur Lebaran. Selain meningkatnya kunjungan, suasana DTW juga menjadi lebih padat dari biasanya karena adanya piodalan Pura Luhur Tanah Lot.

Manajer DTW Tanah Lot, Ketut Toya Adnyana memaparkan piodalan akan berlangsung hingga Sabtu (15/6). Untuk mengantisipasi banyaknya wisatawan dan pemedek yang datang pihak manajemen telah melakukan persiapan satu minggu sebelumnya.

Seperti, melakukan berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di Tanah Lot selama musim libur Lebaran. “Untuk keamanan kami juga menyiagakan petugas keamanan dan memasang 28 kamera pengintai tambahan di titik-titik rawan kepadatan sehingga diharapkan tidak akan terjadi hal-hal yang bisa merugikan wisatawan, dan tentunya keamanan wisatawan tetap terjaga sehingga wisatawan merasa aman berada di Daya Tarik Wisata Tanah Lot,” ujar Toya.

Toya melanjutkan sejak H-2 sebelum Lebaran, arus kedatangan wisatawan ke Daya Tarik Wisata Tanah Lot memang sudah mulai melonjak. Ribuan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang, Sidoarjo, Bandung, Jogjakarta, hingga Makassar. Selain itu wisatawan mancanegara juga tidak kalah membludaknya.

Baca juga:  Kejar Wisman Tiongkok, Tiga Kota Ini Dijadikan Target

Dari data yang didapat saat H-2 Lebaran jumlah pengunjung mencapai 10.949 dimana 6.002 adalah wisatawan mancanegara dan 4.947 adalah wisatawan domestik. Sedangkan saat H-1 jumlah pengunjung mengalami peningkatan menjadi 12.018 dimana 6.216 adalah mancanegara dan 5.802 adalah domestik. “Dari data yang kami pantau, H-2 Lebaran mencapai 10.949 dan H-1 mencapai 12.018,” jelasnya.

Perbandingannya lebih banyak wisatawan mancanegara. Hal ini dimungkinkan juga karena wisatawan mancanegara ingin melihat langsung situasi dan merasakan suasana religius di DTW Tanah Lot saat pujawali yang mana hanya bisa mereka lihat setiap enam bulan sekali,” jelas Toya. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.