Surat suara menjadi salah satu logistik yang harus dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung untuk Pilkada Serentak yang berlangsung 27 Juni mendatang. (BP/sos)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Klungkung dan Gubernur Bali tinggal tiga pekan lagi. Ditengah hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung terus memantapkan persiapan, salah satunya logistik. Hingga, Selasa (5/6) baru menginjak sekitar 50 persen.

Ketua KPU Klungkung, I Made Kariada mengatakan logistik yang sudah dipersiapkan, yakni surat suara, bantalan, paku, bilik maupun kotak suara. Sementara untuk sampul khusus Pilkada, mash tahap pengadaan.

“Untuk persiapan Pilgub dan Pilkada tidak jauh berbeda. Hanya pada surat suara. Kalau sampul, untuk Pilgub sudah datang. Untuk Pilkada baru masuk penawaran. Khusus untuk persiapan logistik, sudah selesai 50 persen,” sebutnya.

Disampaikan lebih lanjut, pihaknya tengah berupaya melakukan percepatan. Hari libur pun tetap bekerja. Ditargetkan, seluruhnya sudah siap seratus persen tiga hari sebelum pemiliihan (H-3). Optimis itu bisa tercapai. “Sekarang terus bekerja. Ada pengecekan ulang suara suara, maupun lainya. Untuk Pilkada serentak ini tidak seperti Pileg. Itu jauh lebih banyak persiapannya,” jelasnya.

Baca juga:  DPT Klungkung, Seratusan Orang Tak Masuk "Database" Disdukcapil

Pendistribusian ke desa-desa, khusus untuk Nusa Penida dilaksanakan dua hari sebelum pemilihan dan Klungkung daratan sehari sebelumnya. Ini pun sudah dikoordinasikan dengan kepolisan terkait pengawalan. “Untuk di Nusa Penida karena kepulauan. Kalau di daratan, jaraknya dekat,” sebut pria asal Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Sementara itu, khusus untuk persiapan secara umum yang bergulir sejak tahapan awal, sudah mencapai 75 persen. Kin, yang tengah konsen dipersiapkan, salah satunya debat putaran kedua yang berlangsung di Inna Grand Bali Beach, Sanur Denpasar, 18 Juni mendatang. “Untuk debat yang pertama sudah dievaluasi dan berharap lebih baik lagi pada putaran kedua,” tandasnya. (sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.